Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Langkah Ampuh Mulai Karier di Bidang Software Development

Ilustrasi

Topcareer.id – Industri teknologi akan terus berkembang dan selalu mencari orang dengan kemampuan atau bakat sebagai software developer.

Jika kamu ingin berkarier sebagai aoftware developer, akan ada banyak pesaing di luar sana. Sektor ini banyak diminati perusahaan yang semakin modern. Mengutip Siliconrepublic.com, berikut ini beberapa tips teratas untuk mulai berkarier di bidang software development.

Baca juga: Hadapi Revolusi Industri 4.0, Indonesia Butuhkan 5 Kali Tenaga IT

Kuasai coding
Pengkodean dan pemrograman akan menjadi makanan pokokmu ketika memilih untuk menjadi software developer, coding harus menjadi bagian penting dari hidupmu. Latih pengkodean dan pelajari semua yang kamu bisa tentang bahasa pemrograman yang dibutuhkan. Tetap ikuti tren di dunia pemrograman, dan buktikan seberapa besar kamu menginginkannya dengan tindakanmu.

Jangan mengkhususkan
Jangan berspesialisasi dalam bahasa pemrograman tertentu, terutama jika kamu baru memulai. Biasakan dirimu sebanyak mungkin menguasai bahasa pemrograman yang paling populer. Semakin luas pengetahuanmu, semakin banyak peluang yang akan kamu miliki.

Baca juga: Ini 18 Jenis Pekerjaan Yang Boleh Diduduki Pekerja Asing

Buat proyekmu sendiri
Memiliki proyek sampingan atau situs web sendiri selalu merupakan saran yang solid, baik saat ini kamu sedang mencari pekerjaan atau freelance. Ini menunjukkan gairah sejatimu pada bidang software developer dan membantumu meningkatkan skill.

Bergabunglah dengan komunitas online
Software developer di seluruh dunia senang berbicara dengan software developer lain. Komunitas online adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keterampilan, membangun jaringan, dan mengembangkan pertemanan dengan orang-orang yang berpikiran sama untuk memantapkan ide.

Tingkatkan soft skill kamu
Luangkan waktu berlatih untuk pengembangan soft skill dan wawancara. Identifikasi kelemahan dalam soft skill kamu dan upayakan untuk memperbaikinya.

Tantang dirimu sendiri
Peningkatan keterampilan sebagian besar didasarkan pada inisiatif sendiri. Peningkatan keterampilan dengan coding dicapai melalui latihan dan mengeksplorasi tantangan untuk membawa dirimu ke tingkat berikutnya. Ada begitu banyak ruang bagimu untuk tumbuh dan berkembang, jadi ambil setiap kesempatan dan jangan pernah berhenti belajar. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply