Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Teknologi 5G Segera Datang. Ini Keunggulannya

Ilustrasi 5G. (dok. Forbes)

Topcareer.id – Jaringan 5G diperkirakan akan diluncurkan secara resmi di seluruh dunia pada tahun 2020. 5G menawarkan potensi tanpa batas untuk meningkatkan kehidupan.

Teknologi 5G akan memberikan kecepatan lebih tinggi dan koneksi lebih andal pada smartphone dan perangkat seluler lainnya daripada generasi sebelumnya.

MelansirIinnovationatwork.ieee.org, berikut ini tiga manfaat utama dari jaringan 5G:

Baca juga: Mengenal Teknologi 5G dan Penggunaannya

Kecepatan data lebih tinggi (1-20 Gbit / s)
Memungkinkan konsumen mengunduh konten lebih cepat.

Latensi jauh lebih rendah (1 ms)
Memungkinkan pengguna untuk mengurangi kelambatan dalam membuka suatu webpage. Latensi atau keterlambatan memuat webpage tidak terlihat oleh manusia, tetapi bisa dirasakan sangat mengganggu ketika butuh waktu cepat untuk membuka webpage.

Peningkatan kapasitas data internet seiring perluasan jaringan yang terus dilakukan.

Pengembangan teknologi baru ini berjalan dengan baik, banyak perusahaan memastikan perangkat dan jaringan mereka 5G ready untuk dilincurkan pada tahun 2020.

Baca juga: Yang Kamu Mungkin Belum Tahu Soal Industri 4.0, Ini Penjelasannya

Bekerja bersama teknologi 3G dan 4G yang ada, jaringan 5G akan membantu meningkatkan inovasi Internet of Things (IoT) yang sangat besar, menyediakan infrastruktur yang diperlukan untuk membawa data dalam jumlah besar dan memungkinkan dunia yang lebih cerdas dan lebih terhubung.

Koneksi lebih cepat dan tetap online di mana pun kamu berada dan kecepatan download rata-rata sekitar 1 GBps diharapkan menjadi jamak.

5G akan memungkinkan miliaran koneksi baru dengan kecepatan dan keamanan. Teknologi ini akan menghubungkan banyak hal dan penting untuk Massive IoT, Connected Autonomous Vehicles (CAVs), remote control kritis dan banyak lagi.

Amerika Serikat, Cina, dan Korea Selatan diperkirakan akan menjadi yang pertama memasang jaringan 5G penuh. Apakah Indonesia siap? Kita lihat saja perkembangannya di 2020. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply