Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Memotivasi Karyawan dengan Sifat Negatif. Begini Caranya

Sumber foto: Negative SpaceSumber foto: Negative Space

Topcareer.id – Staf dengan sifat negatif di kantor sangat berpengaruh buruk terhadap kinerja karyawan lain. Ketika kamu memiliki staff yang negatif dalam tim, bisa menyebabkan seluruh anggota tim kamu sering kehabisan energi.

Sifat negatif staf juga bisa meracuni yang berakibat hilangnya motivasi dan produktivitas dari seluruh anggota tim. Ini sangat melemahkan tim dan sangat merugikan.

Mengutip Hrzone.com, dampak lain yang ditimbulkan oleh staf negatif pada lingkungan kerja antara lain penurunan produktivitas, meningkatnya stres, dan peningkatan gangguan.

Bagaimana cara memotivasi staf yang negatif?

Baca juga: Tips Terapkan Kerja Fleksibel untuk Perusahaan dan Karyawan

Untuk menghadapinya, kamu perlu memahami penyebabnya dan berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif bagi seluruh staff. Begini caranya:

Bicara dengannya
Pilih suasana yang tenang dan pribadi, diskusikan situasinya secara langsung. Sisihkan banyak waktu, jadi kamu bisa memberi perhatian penuh. Tanyakan kepada mereka bagaimana perasaan mereka tentang pekerjaan, tugas, hubungan dan lingkungan kerja mereka, sehingga kamu bisa menentukan penyebab negativitas dan mengatasinya.

Minta saran staf lain
Mintalah saran dari staf lain tentang cara meningkatkan sikap negatif dalam bisnis, untuk mendorong mereka ikut serta membantu staff yag negatif untuk berubah menjadi lebih baik.

Perkuat perilaku positif
Bersama anggota tim, buatlah tujuan untuk perubahan, dan sesuaikan kebutuhan untuk menjadi lebih positif dalam setiap situasi. Tanyakan kepada bagaimana lingkungan kerja akan ditingkatkan. Jika semua orang lebih positif, staf yang negatif pun bisa ikut tertular menjadi positif. Kamu sebagai manajer juga sebaiknya memastikan untuk selalu menunjukkan perilaku positif.

Tindak lanjut
Jadwalkan rapat untuk menindaklanjuti perubahan yang telah kamu diskusikan dan setujui dengan staf kamu. Libatkan juga staf yang negatif untuk memberinya motivasi ke arah yang lebih positif.

Investasi dalam hal positif
Meningkatkan kenyamanan lingkungan kerja dengan memperkenalkan program dan kegiatan seperti skema pengakuan dan penghargaan karyawan saat target tercapai, program kesehatan karyawan, atau game menyenangkan yang dikaitkan dengan perilaku yang lebih baik dan produktivitas. Hal ini bisa mempengaruhi staf yang negatif untuk menghilangkan sifat buruknya. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply