Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Yang Kamu Mungkin Belum Tahu Soal Industri 4.0, Ini Penjelasannya

ilustrasi.

Topcareer.id – Tidak ada keraguan bahwa teknologi memainkan peran besar dalam kehidupan sehari-hari saat ini. Setiap aspek kehidupan yang semakin terhubung dengan teknologi juga berdampak pada dunia industri.

Selamat datang di Industri 4.0, nama yang diberikan kepada kombinasi yang berkembang dari platform manufaktur praktik tradisional dan industri dengan teknologi pintar terbaru.

Fokusnya pada pemasaran skala besar dan penyebaran internet untuk menyediakan peningkatan otomatisasi, komunikasi dan pemantauan, serta mesin pintar yang bisa menganalisis dan mendiagnosis masalah tanpa perlu campur tangan manusia.

Baca juga: 5 Industri Ini Memakai Teknologi Sebagai Inti Perusahaan

Dikutip dari Techradar.com, Industri 4.0 memandang pabrik menjadi semakin otomatis karena mesin-mesin di dalamnya diberi kemampuan untuk menganalisis dan berkomunikasi satu sama lain. Ini memberi kebebasan pada rekan kerja manusia mereka, membuat karyawan bisa mengerjakan tugas-tugas lain.

Dari big data ke smart factory

Industri 4.0 bukanlah bentuk teknologi baru, atau cita-cita bisnis, tetapi lebih pada pendekatan yang terus diperbarui dan terinspirasi oleh kemajuan untuk mencapai hasil yang tidak mungkin dilakukan 10 tahun yang lalu.

Ini merupakan langkah menuju digitalisasi. Industri 4.0 menggunakan Internet of Things dan sistem fisik cyber seperti sensor untuk mengumpulkan sejumlah besar data yang dapat digunakan oleh produsen dan produsen menggunakannya untuk menganalisis dan meningkatkan pekerjaan mereka.

Baca juga: Sisi Negatif Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Industri

Kemajuan terbaru dalam platform big data dan analytics berarti bahwa sistem bisa menjelajah set besar data dan menghasilkan wawasan yang bisa ditindaklanjuti dengan cepat.

Smart factory, akan menjadi jantung Industri 4.0, ini akan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk evolusi dalam rantai pasokan dan jalur produksi yang membawa tingkat otomatisasi dan digitalisasi yang jauh lebih tinggi. Dalam industri 4.0 alat berat menggunakan optimasi-diri, konfigurasi-diri, dan bahkan kecerdasan buatan untuk menyelesaikan tugas-tugas kompleks dan bisa menghasilkan efisiensi biaya yang jauh lebih unggul serta barang atau layanan dengan kualitas yang lebih baik.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply