Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Mudah Hilangkan Kaki Pegal dan Bengkak Akibat Kelelahan

Ilustrasi (dok. Medical News Today)

Topcareer.id – Kecantikan tak hanya dimiliki oleh wajah atau rambut. Perawatan untuk menjaga kecantikan tahan lama juga perlu ditujukan bagi sepasang kaki yang telah menopang tubuh kita setiap hari.

Sadarkah kamu, sejak bangun tidur sampai kembali tidur, kaki menjadi anggota tubuh yang paling “disiksa”. Sayangnya, siksaan ini tak sebanding dengan perawatan yang dilakukan untuk menjadi kecantikan dan keindahannya. Hasilnya, kaki pegal-pegal dan bengkak.

Kaki yang indah dan sehat dapat membuat kamu lebih rileks, kuat, dan bugar. Untuk mendapatkannya, cobalah perawatan ringan berikut ini.

Baca juga: Jangan Remehkan 3 Hal Ini saat Naik Gunung

  • Cara termudah untuk menghilangkan pegal-pegal dan bengkak pada kaki yaitu merendamnya dalam ember berisi air es. Cara lain, basuhi kaki kamu selama beberapa menit di bawah aliran keran air dingin.
  • Bagi kamu yang gemar menyeruput minuman kalengan, ambil minuman kalengan yang didinginkan dalam lemari es, kemudian gelindingkan dan mainkan di bawah telapak kaki. Alternatif lain, gunakan bola tenis. Gerakan ini sanggup membuat kaki menjadi rileks dan mengenyahkan pegal-pegal serta bengkak di kaki.
  • Ambil air panas dan air dingin masing-masing satu ember. Rendam kaki dalam ember air panas selama 10 menit. Tahan sepanas apapun. Setelah 10 menit, secepat mungkin pindahkan kaki kamu ke ember air dingin dan diamkan selama 30 detik. Ulangi perawatan ini beberapa kali dalam sehari.
  • Rebahkan kaki di atas bantal dan beristirahatlah selama 20 menit. Dengan menaruh posisi kaki lebih tinggi dari tubuh, kamu akan menghilangkan rasa lelah yang seharian hinggap di kaki.
  • Pijatlah kaki dengan minyak peppermint dan minyak herbal. Perpaduan dari kedua bahan alamiah ini dapat menghilangkan jamur.
  • Memijat kaki dengan minyak esens jahe juga efektif menyembuhkan kaki yang bengkak. Selain mampu meredakan rasa sakit, esens jahe juga melancarkan sirkulasi darah dalam kaki.
  • Campurkan 2 sendok teh minyak castor atau jojoba, 3 tetes minyak esens lavender, serta masing-masing 1 tetes minyak esens chamomile dan esens geranium. Campurkan keduanya dalam mangkuk kecil dan gunakan untuk memijat kaki dengan lembut. Diamkan sejenak sambil mengangkat kaki di posisi lebih tinggi dari tubuh kamu. Bilas dengan sabun berbahan lembut, lalu akhiri dengan mengoleskan lotion pelembab. * Diolah dari berbagai sumber

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply