Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Soft Skill yang Bakal Tren dan Perlu Diasah pada 2020

Ilustrasi (Dok. Welcome Center Malta)

Topcareer.id – Keterampilan macam apa yang bakal sangat berguna untuk karier kamu tahun depan? Menurut Laporan Workplace Learning Trends tahun 2020 dari Udemy, memiliki pola pikir yang berkembang atau kemampuan untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan, digolongkan sebagai soft skill yang paling penting untuk kesuksesan karier.

Platform pembelajaran online menganalisis data pengguna dari layanan Udemy for Business, yang menawarkan beberapa paket kursus dan digunakan oleh lebih dari 4.000 perusahaan sebagai sumber daya untuk pelatihan karyawan.

Baca juga: Cara Profesional Tingkatkan Skill Networking

Unsur manusia

Shelley Osborne, wakil presiden bidang pembelajaran di Udemy mengatakan kepada CNBC Make It bahwa tren lain yang dia perhatikan di kalangan pengguna adalah meningkatnya minat pada keterampilan yang membutuhkan elemen manusia, seperti pemikiran kritis dan kecerdasan emosi.

“Orang-orang lebih menyadari fakta bahwa soft skill menjadi lebih relevan, dan bahwa mereka tidak dapat digantikan oleh teknologi. Kreativitas dan inovasi, misalnya, adalah hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh mesin untuk kita,” tambah Osborne.

Selain itu, sebuah studi IBM melaporkan bahwa walaupun diperkirakan 120 juta pekerja di seluruh dunia akan perlu dilatih ulang sebagai hasil dari AI dan otomatisasi dalam tiga tahun ke depan, eksekutif menyebut kemampuan beradaptasi, manajemen waktu dan kolaborasi sebagai beberapa keterampilan terpenting untuk pekerja saat ini.

Baca juga: Data Scientist, Profesi Paling Hot Abad 21. Apa Saja Skills yang Diperlukan?

Berikut adalah soft skill yang paling banyak dipraktikkan pekerja, menurut Udemy:

1. Growth mindset: Kemampuan untuk belajar terus menerus dan kemauan untuk beradaptasi dengan perubahan.

2. Kreativitas: Mengembangkan ide-ide baru, menerapkan solusi baru untuk mengatasi masalah yang ada

3. Penguasaan fokus: Memanfaatkan konsentrasi untuk membuat keputusan jangka pendek dan jangka panjang yang lebih baik.

4. Inovasi: Memperbaiki ide, konsep, proses, atau metode yang ada untuk mencapai hasil yang diinginkan.

5. Keterampilan komunikasi: Menafsirkan informasi melalui berbicara, mendengarkan dan mengamati.

6. Bercerita: Menyusun pemikiran dan poin data menjadi narasi yang komprehensif dan holistic.

7. Kesadaran budaya: Kemampuan untuk berinteraksi secara efektif, bekerja dan mengembangkan hubungan yang bermakna dengan orang-orang dari berbagai latar belakang budaya dalam organisasi.

8. Berpikir kritis: Analisis dan evaluasi objektif untuk membentuk penilaian terhadap suatu topic.

9. Kepemimpinan: Memberikan panduan dalam suatu organisasi.

10. Kecerdasan emosional: Mempraktikkan kontrol, ekspresi, dan observasi hubungan interpersonal di antara orang-orang di tempat kerja.

Kamu punya keterampilan di atas? Kalau belum, asah lagi soft skill kamu untuk karier cemerlang tahun depan.*

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply