TopCareerID

10 Profesi yang Digemari Psikopat

Koki. (dok. Istimewa)

Topcareer.id – Psikopat itu sulit dikenali. Seringkali, psikopat tampak normal, yang membuat mereka sulit diidentifikasi. Psikopat biasanya suka menduduki profesi-profesi tertentu. Profesi apa saja itu?

Kevin Dutton, seorang psikolog dan penulis Inggris, berspesialisasi dalam studi psikopati. Dalam bukunya The Wisdom of Psychopaths: What Saints, Spies, and Serial Killers Can Teach Us About Success, dia membuat daftar jenis pekerjaan yang menarik perhatian sebagian besar psikopat. Berikut daftarnya seperti dilansir dari Business Insider.

10. Pekerja layanan publik

Pada tahun 2014, pejabat Pemerintah Inggris menganggap merekrut psikopat khusus untuk menjaga ketertiban, karena mereka tidak memiliki perasaan terhadap orang lain, atau kode moral, dan cenderung sangat cerdas dan logis.

Baca juga: Ingin Tetap Kerja Setelah Pensiun? Coba 5 Profesi Ini

9. Koki

Sebagian besar psikopat tidak tertarik untuk menyakiti orang lain. Psikopat tumbuh baik dalam kekacauan di mana orang lain mungkin gagal, yang bisa menjadi salah satu alasan mereka bekerja sangat baik di dapur yang sibuk.

8. Pendeta

Dalam posting blog untuk Psychology Today, veteran FBI Joe Navarro menjelaskan beberapa alasan psikopat pergi untuk berkarir di Clergy. Di antara mereka adalah fakta bahwa organisasi keagamaan dapat menyediakan sarana bagi orang untuk mengeksploitasi orang lain, sementara juga memberikan legitimasi pada tindakan mereka.

7. Petugas polisi

Psikopat tidak harus memiliki motif tersembunyi. Salah satu sifat mereka adalah sangat berkepala dingin di bawah tekanan. Petugas polisi memiliki pekerjaan yang sangat intens dan berbahaya, jadi itu manfaat besar jika kamu tenang dalam krisis.

6. Jurnalis

Dutton mencantumkan beberapa sifat psikopat sebagai pesona, fokus, perhatian, kejam, dan tindakan – yang semuanya menguntungkan dalam jurnalisme, terutama ketika kamu memiliki tenggat waktu yang ketat dan kamu harus mendapatkan jawaban dari sumber.

5. Ahli bedah

Hasil studi The Bulletin dari Royal College of Surgeons of England menunjukkan bahwa konsultan di rumah sakit pendidikan mendapat skor lebih tinggi pada skala kepribadian psikopat daripada konsultan rumah sakit umum.

Alasan yang mungkin diberikan oleh penulis dalam diskusi mereka adalah bahwa kekebalan akan stres adalah sifat kepribadian utama dokter dan fakta ahli bedah harus membuat keputusan cepat, sulit, setiap hari.

4. Tenaga penjual

Orang psikopat yang bekerja di bidang penjualan mungkin menunjukkan sifat-sifat seperti promosi diri yang tidak tahu malu, mencuri kontak orang lain, keinginan tanpa henti untuk mendapatkan uang paling banyak, dan ketidakmampuan untuk menjadi pemain tim.

Baca juga: Mengintip Profesi Periset Pemasaran

3. Orang media di TV atau radio

Beberapa psikopat juga menunjukkan narsisme, yang bisa dibilang berguna dalam pekerjaan yang membutuhkan banyak fokus publik. Psikopat memilih ini juga bisa karena menjadi pembawa acara TV atau radio mengharuskan tenang dalam menghadapi tekanan.

2. Pengacara

Dalam sebuah posting blog untuk Psychology Today, pengacara Ruth Lee Johnson mengatakan bahwa meskipun sifat-sifat psikopat seperti kepercayaan diri, hati yang dingin, dan daya tarik yang menipu mungkin berguna bagi para pengacara, cukup sederhana untuk mengatakan sifat-sifat ini saja sudah cukup.

1. CEO

Psikopat memiliki sesuatu yang disebut “ketahanan terhadap kekacauan.” Ini tidak hanya berarti mereka tetap tenang di bawah tekanan. Mereka juga kadang-kadang membuat kekacauan bagi orang lain, karena itu membuat mereka terlihat baik ketika semua orang di sekitar mereka sedang berjuang.  

Beberapa psikopat dapat menggunakan metode ini untuk naik tangga karier sampai ke puncak. Orang lain tidak harus sebagai manipulatif, dan mencapai puncak hanya melalui keterampilan mereka. *

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version