Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Begini Mengurutkan Pekerjaan Lewat Time Management

Sumber foto: PixabaySumber foto: Pixabay

Topcareer.id – Dalam bekerja, time management atau manajemen waktu sangat penting. Banyak orang yang tidak mengelola waktu dengan baik akhirnya malah pekerjaan menumpuk dan tidak ada yang tuntas.

Hal itu harus diubah. Untuk dapat mengatur waktu dengan baik dan tugas pekerjaan juga dapat diselesaikan, kamu dapat memulai mempriorotaskan tugas-tugas dengan empat hal berikut:

1.Hal yang penting dan mendesak
Ini adalah pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Jika tidak, kamu harus menghadapi konsekuensinya. Tugas yang masuk dalam kategori ini bukanlah hal yang bisa ditunda. Kamu harus membuatnya jadi prirotas utama.

2. Hal yang tidak penting, tapi mendesak
Penting tidaknya pekerjaan dalam kategori ini sebenarnya tergantung dari masing-masing orang. Bagaimana kamu bisa menentukan apakah sesuatu mendesak atau tidak? Kamu bisa pertimbangkan dampak negatif yang mungkin terjadi jika tidak mengerjakan tugas itu.

Baca juga: 9 Kesalahan Umum dalam Time Management

3. Hal yang tidak mendesak, tapi penting
Jangan menunda tugas. Kategori inilah yang harus mendapat perhatian leboh. Bahaya menunda tugas adalah kamu justru melakukan sesuatu yang dianggap mendesak, padahal kenyataannya tidak. Inilah yang akan membuang waktu kamu. Berikan prioritas tinggi untuk jenis pekerjaan ini. Mumngkin hasilnya tidak bisa segera dirasakan, tapi untuk jangka panjang akan sangat bermanfaat.

4. Hal yang tidak mendesak dan tidak penting
Untuk tugas seperti ini kamu mungkin berpikir hanya membuang waktu saja. Tapi coba pikirkan kembali, banyak orang yang justru menghabiskan waktu melakukan aktivitas dalam kategori ini, yang tidak mendesak dan tidak penting. Misalnya saja menonton TV, bermain game, ngerumpi, dan lain-lain. Tentu saja, meluangkan waktu untuk bersantai juga penting. Orang berkata, “All work and no play makes Jack a dull boy.” Maksudnya, bekerja saja, tanpa bermain bikin hidup jadi hampa.

Tapi sebaiknya juga kamu membtasi aktivitas seperti ini. Itu bila kamu ingin mewujudkan banyak hal dalam hidup. Perlakukanlah aktivitas dalam kategori ini dengan prioritas paling rendah. Batasi diri jika kamu ingin berhasil dalam karier dan pekerjaan. Fokuslah pada aktivitas yang dapat membuat kamu bisa mengembangkan diri dan juga memberi hasil. *

Catatan: artikel ini pernah dimuat majalah Topcareer edisi September 2012 dengan judul “Kelola Manajemen Waktu”.

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply