Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Profesional Minta Jadwal Ulang Wawancara Kerja

Ilustrasi (dok. Global Call)

Topcareer.id – Panggilan wawancara kerja yang dinanti datang juga. Akan tetapi kamu sadar ternyata waktunya bentrok dengan jadwal urusan lain yang juga penting. Apa yang harus kamu lakukan?

Tentu saja, kamu perlu menyampaikan kepada pewawancara bahwa kamu harus mengubah jadwalnya.

Banyak sebab mengapa kamu harus mengubah jadwal wawancara kerja. Terlepas dari apapun alasannya, kamu harus ingat bahwa harus melakukannya secara profesional agar tidak merusak peluangmu.

Dikutip dari Cv-library.co.uk, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

Baca juga: Kebohongan Ini Boleh Kamu Lakukan Saat Wawancara Kerja

Berikan alasan yang bagus
Kamu perlu memastikan bahwa kamu memiliki alasan yang cukup baik seperti kamu sakit atau kamu sedang mengalami keadaan darurat. Jangan berpikir kamu melakukan reschedule hanya karena kamu merasa sulit untuk pergi ke sana. Ini akan membuat citramu terlihat buruk.

Hubungi pewawancara sesegera mungkin
Lebih baik memberi tahu mereka lebih awal, daripada nanti saat sudah mepet. Kamu bisa menghubungi mereka melalui telepon atau via e-mail. Kemungkinan mereka juga akan memiliki jadwal yang padat, jadi semakin cepat kamu memberi tahu mereka, semakin besar kemungkinan akan bisa mengatur kembali waktu yang cocok untuk wawancara.

Baca juga: Tips Menghadiri Wawancara Kerja Saat Masih Bekerja

Jangan panik
Ingatlah, mereka hanya manusia. Mereka akan mengerti jika kamu memiliki alasan yang sah mengapa tidak dapat hadir. Tapi, hanya lakukan reschedule wawancara kerja jika kamu benar-benar harus.

Ucapkan terima kasih pada pewawancara
Setelah kamu menerima tanggapan dari pewawancara yang mengonfirmasi bahwa mereka bisa reschedule wawancara kerja, pastikan kamu membalas kabarnya sesegera mungkin. Penting untuk menunjukkan kepada mereka betapa bersyukurnya kamu dan bahwa kamu masih tertarik.

Ucapkanlah terima kasih, karena menunda jadwal wawancara bisa membuatmu berisiko dilupakan atau mungkin juga kamu akan kehilangan kesempatan.

Ingatlah untuk tetap setia pada alasanmu, hindari berlebihan dan kebohongan. Coba ikuti saran di atas agar kamu bisa menjadwalkan ulang wawancara kerja secara profesional. Semoga berhasil! *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply