Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Beban Kerja Bikin Kewalahan? Lakukan Hal Ini untuk Membebaskan Kamu

Dok. APA Blog Mental Health

Topcareer.id – Ritme kerja yang tinggi setiap hari tidak mungkin bisa kamu hindari. Risiko kewalahan pada dirimu sangat mungkin terjadi di tengah banyaknya pekerjaan dan tekanan deadline yang harus diselesaikan.

Kewalahan bisa membuat mood kamu menurun dan bisa mengakibatkan kinerja dan produktivitas yang juga semakin berkurang. Saat kamu mengetahui dirimu kewalahan, kamu harus segera mencari cara untuk mengatasinya.

Dikutip dari Psychologytoday.com, berikut beberapa hal yang bisa membantu untuk mengurangi tingkat stres dan menenangkan pikiran serta tubuhmu dari kewalahan yang melanda.

Baca juga: Alasan Pelayan Jadi Pekerjaan dengan Tingkat Stres yang Tinggi

Bernapaslah secara perlahan dan teratur
Kamu akan sulit untuk tetap tenang dalam kesibukan ketika kamu tidak mendapatkan cukup oksigen. Tarik napas perlahan-lahan melalui hidung dan napas yang lebih lambat melalui mulut. Biarkan udara benar-benar memenuhi dirimu.

Cari sesuatu atau seseorang yang bisa membuatmu tertawa
Tertawa bisa menjadi penghilang stres yang manjur. Proses fisik tawa bisa menurunkan tekanan darah dan juga memberimu istirahat mental yang bisa menjadi penyelamat dalam masa-masa stres.

Beri asupan indra kamu
Aromaterapi bisa membantu karena aroma bisa menstimulasi berbagai bagian otak dan berhubungan erat dengan memori. Kamu bisa coba menggunakan aroma yang mengingatkanmu pada orang yang kamu cintai. Hal sederhana semacam ini bisa menjadi mood booster yang baik saat kamu kewalahan.

Selesaikan satu hal kecil
Kadang bagian dari perasaan kewalahan adalah karena kamu terlalu mempercayai bahwa kamu memiliki begitu banyak hal yang harus dilakukan dan tidak mungkin diselesaikan. Cobalah pilih satu hal kecil dan spesifik untuk diselesaikan. Saat itu berhasil, kamu akan kembali semangat dan ketagihan untuk menyelesaikan yang lainnya.

Baca juga: 7 Cara Profesional Menolak Pekerjaan dari Atasan

Bantu orang lain
Saat kamu merasa kewalahan, ambillah waktu untuk break. Saat itu cobalah untuk membantu orang lain. Ini terbukti meningkatkan semangat. Melakukan tindakan kebaikan yang sederhana bisa membantu meningkatkan mood bosster mu.

Bersyukur
Saat kamu merasa kewalahan, coba luangkan waktu sejenak untuk bersyukur. Ini bisa meningkatkan kesejahteraan emosionalmu. Dengan bersyukur kamu akan menyadari bahwa mungkin ada keindahan dan kekuatan bahkan dalam ketidaksempurnaanmu dalam bekerja.

Visualisasikan tempat favorit
Saat kewalahan melanda dirimu, coba pejamkan mata sejenak untuk membayangkan tempat favorit yang bisa membuatmu merasa aman dan tenang. Tidak masalah jika tempat itu hanyalah tempat fantasi kreatifmu. Hal ini terbukti memiliki efek emosional yang positif. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply