Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

3 Jenis Arogansi yang Wajib Kamu Tahu

Sumber foto: Mind ToolsSumber foto: Mind Tools

Topcareeer.id – Pernahkah kamu bertemu dengan seseorang yang selalu tampak arogan? Orang arogan memang bisa muncul di mana saja. Dan menurut tim peninjau literatur dari peneliti psikologi di University of Missouri-Columbia, ada tiga jenis arogansi.

Nelson Cowan, seorang Profesor Kurator ternama dari Ilmu Psikologi di MU College of Arts and Science, memimpin penelitian ini.

Dari penelitian itu, mereka membagi arogansi dalam beberapa level. “Kami terkejut dengan terbatasnya penelitian modern yang kami temukan pada kesombongan,” kata Cowan dalam The Ladders.

Ada tiga jenis kesombongan yang ditemukan Cowan dan timnya.

1. Kesombongan individu

Ini mungkin tipe yang paling akrab. Mereka suka memberi opini berlebihan tentang kemampuan atau pencapaiannya. Orang ini terkadang adalah teman kencan standar Sabtu malam atau bosmu. Mengganggu, tetapi tidak berbahaya.

Baca juga: Sisi Lain dari Sifat Narsis yang Berguna Bagi Kemajuan Kariermu

2. Kesombongan kompetitif

Orang ini memiliki perasaan berlebihan atas kemampuan atau prestasi mereka sendiri dibandingkan dengan orang lain. Jika mereka seorang pemain tenis, mereka mungkin berpikir mereka bisa menyamai Venus Williams.

3. Arogansi antagonis

Jenis ini mungkin yang paling serius; tipe orang yang menikmati penghinaan terhadap orang lain berdasarkan asumsi superioritas. Orang yang sombong secara antagonis menunjukkan, merasa menjadi oposisi aktif, atau selalu bertentangan terhadap seseorang atau sesuatu.

“Arogansi bukan hanya tentang hubungan interpersonal, itu mencakup semua jenis hubungan. Sistem yang dibuat dengan studi ini dapat diterapkan, bahkan di dialog antara negara dan kelompok politikus,” kata Cowan.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply