Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Yuk, Tiru Kebiasaan Alami Orang Produktif

Ilustrasi (dok. istimewa)

Topcareer.id – Ketika ingin bekerja efisien dan lebih produktif, maka kamu harus menghabiskan sedikit waktu untuk menunda-nunda serta menghilangkan segala macam gangguan.

Coba ikuti petunjuk dari kebiasaan orang-orang yang produktif secara alami ini seperti dilansir dari laman Reader’s Digest.

1. Mereka fokus untuk menjadi lebih bahagia

Satu studi oleh University of Warwick di Inggris menemukan orang yang lebih bahagia menjadi 12 persen lebih produktif di lingkungan kerja daripada rekan-rekan mereka yang tidak bahagia.

“Ini masuk akal, terutama mengingat fakta bahwa dua gejala umum depresi adalah penurunan motivasi dan perhatian,” kata Aparna Iyer, MD, psikiater holistik dan asisten profesor di UT Southwestern Medical Center di Dallas, Texas.

Baca juga: Tetap Produktif Saat Musim Hujan! Begini Caranya

2. Mereka memprioritaskan kebugaran

Olahraga secara serius meningkatkan suasana hati dengan melepaskan endorfin yang terasa enak yang memberikan penghilang stres dan meningkatkan produktivitas otak. Bahkan 30 menit aktivitas fisik sedang hingga tinggi, hanya tiga hingga empat kali sehari dapat membantu mencapai tujuan pribadi dan profesional.

“Manfaat psikologis dari olahraga ini dapat terjadi dengan cepat setelah memulai latihan dan penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik apa pun — bahkan bentuk intensitas rendah — dapat efektif untuk Anda,” kata Dr. Iyer.

Baca juga: Tetap Produktif Saat Musim Hujan! Begini Caranya

3. Mereka istirahat

Studi menunjukkan bahwa tugas berkepanjangan yang membutuhkan tingkat fokus, energi, dan perhatian yang tinggi dapat menyebabkan kurang produktif dan fokus seiring waktu. Langkah yang lebih baik? Beristirahat sejenak secara mental.

“Menyisihkan sedikit waktu di sana-sini untuk melepaskan fokus dapat secara signifikan membantu mempertahankannyadalam jangka waktu yang lebih lama,” kata Dr. Iyer.

“Sebaliknya, ketika kita mencoba untuk terus bekerja dan bekerja pada suatu proyek tanpa istirahat kualitas pekerjaan kita cenderung menurun.”

Baca juga: Menganggur Juga Bisa Tetap Produktif, Begini Caranya

4. Mereka bekerja di dekat jendela jika memungkinkan

Jika kamu memiliki kebebasan untuk bekerja dari jarak jauh atau dapat nongkrong di kompleks terbuka yang menawarkan pemandangan, cari saja. Penelitian menunjukkan bahwa paparan sinar matahari meningkatkan kesehatan, kualitas tidur, dan tingkat aktivitas.

5. Mereka tidak mencoba melakukan semuanya sekaligus

Meskipun tidak apa-apa untuk bangga pada kemampuanmu dalam multitasking, itu demi kepentingan terbaikmu (dan atasan) jika kamu tetap melakukan satu pekerjaan sekaligus.

“Faktanya, semakin kita multitasking, semakin tidak efisien dan produktif kita dalam semua tugas yang ingin kita selesaikan,” kata Wyatt Fisher, PhD, psikolog berlisensi dengan praktik pribadi.

Sebagai gantinya, untuk meningkatkan produktivitas, ia menyarankan untuk fokus pada satu tugas pada satu waktu sampai selesai dan kemudian memberikan semua perhatian untuk tugas selanjutnya. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply