Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 18, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Trik Hadirkan Suasana Alam di Kantor demi Produktivitas

Sumber foto: Thclabs.orgSumber foto: Thclabs.org

Topcareer.id – Penelitian terbaru dari Journal of Environmental Psychology mencatat bahwa fenomena yang mungkin berasal dari biofilia, yakni keinginan alami manusia untuk terhubung dengan alam, mampu memicu otak lebih santai dan produktif selama di kantor.

Para peneliti mencatat bahwa menatap gambar pemandangan alam selama 40 detik sudah cukup untuk memicu otak menjadi lebih santai.

Dalam laman NBC News, studi lain juga menunjukkan bahwa paparan sensorik alami, seperti suara air yang mengalir atau bau hutan, telah menandai efek pada stres dan faktor fisiologis, seperti detak jantung dan tekanan darah. Secara keseluruhan, keberadaan atau visibilitas tanaman, hewan, dan air harus cukup untuk meningkatkan produktivitas, dan bahkan kesehatan.

Efek-efek alami seperti itu secara sederhana bisa kamu hadirkan di kantor, meskipun kantormu belum mendukung fasilitas seperti air mancur mini atau hutan kecil. Berikut beberapa cara murah yang bisa kamu lakukan untuk menghadirkan suasana alami di perkantoran.

Masukkan tanaman ke kantor

Satu studi dari University of Queensland mencatat bahwa kantor dengan kehidupan tanaman menunjukkan tingkat produktivitas 15 persen lebih tinggi dibandingkan bagian ruangan lain yang tidak diberi tanaman.

Hanya dengan puluhan ribu rupiah saja, dengan potensi peningkatan produktivitas sebesar 15 persen, hal itu layak menjadi sebuah investasi.

Kalender bergambar alam

Ingat, temuan dari Journal of Environmental Psychology menunjukkan bahwa tidak perlu tenggelam dalam alam untuk melihat efek positifnya; hanya gambaran alam saja cukup untuk memicu penurunan stres.

Dengan demikian, kamu bisa meletakkan beberapa gambar alam favorit dari internet dan mencetak kalendermu sendiri. Atau bahkan mencetak kalender untuk seluruh kantor sehingga memiliki sesuatu yang alami dan indah untuk dilihat setiap hari.

Bukan cuma dari pemandangan

Kehadiran alam tidak harus dikaitkan dengan penglihatanmu, meskipun pengalaman visual seringkali lebih kuat dari pengalaman sensorik lainnya.

Alih-alih menggabungkan tanaman dan gambar, pertimbangkan mendengarkan soundscapes alami, seperti kicau serangga, ombak bergulir, atau suara hutan kosong, sebagai latar belakang selama bekerja.

Kamu juga bisa menggunakan penyegar udara atau minyak esensial yang mengingatkanmu pada alam.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply