Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Berencana Pensiun Dini? Pahami 4 Risiko Ini

Sumber foto: Young Street CapitalSumber foto: Young Street Capital

Topcareer.id – Pensiun dini memberikan kesempatan bagi kamu untuk memulai usaha baru. Terlihat cukup menggiurkan memang, namun konsekuensi setelah memutuskan untuk pensiun dini ini tidak bisa dibilang mudah.

Mengutip financialsamurai.com, Rabu (04/12/2019), Berikut sisi negatif dari pensiun dini.

  • Kesepian
    Saat teman dan kolegamu sibuk bekerja, terkadang kamu tidak melakukan apa pun. Jika kamu tidak memiliki pasangan atau keluarga, maka kamu lebih rentan untuk mengalami kesepian dan merasa terputus dari dunia luar.
  • Mudah malas
    Dibutuhkan lebih banyak disiplin setelah pensiun untuk mendorong diri sendiri melakukan sesuatu. Tidak akan ada lagi yang memberi tahu kamu apa yang harus dilakukan, sehingga kata ‘pemalas’ berisiko jadi identitas barumu.
  • Berpotensi memiliki sedikit uang
    Tidak lagi memiliki penghasilan karena pensiun dini adalah kenyataan yang agak menakutkan. Kamu harus bisa beradaptasi dengan hilangnya pendapatan. Untuk menghindari ketakutan kehabisan uang di masa pensiun dini, sebaiknya kamu mempersiapkan segala sesuatunya sebelum mengambil langkah ini.
  • Musim liburan tidak lagi menyenangkan
    Setelah pensiun dini, kamu bisa berlibur 365 hari setahun, sehingga semua hari akan terlihat sama dan musim liburan tidak menarik lagi.

Bagaimana, sudah benar-benar siap untuk pensiun dini?

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply