Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

8 Alasan Fresh Graduate Sulit Dapat Pekerjaan

Ilustrasi (dok. Daily Mail)

Topcareer.id – Sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan di zaman sekarang. Tidak hanya yang berpengalaman, para fresh graduate dengan usia muda dan produktif pun juga kesulitan.

Jika kamu salah satu dari fresh graduate yang belum juga mendapatkan pekerjaan, kamu harus segera mengevaluasi diri dan cari penyebabnya.

Mengutip Briankim.net, Selasa (10/12/2019) berikut ini beberapa hal yang menyebabkan fresh graduate sulit diterima kerja.

Baca juga: 7 Pekerjaan Bidang TI yang Tetap Bersinar di Masa Depan

1.Meningkatnya persaingan
Kini sudah terlalu banyak perguruan tinggi dengan biaya terjangkau. Hasilnya jadi sangat banyak jumlah lulusan dengan gelar sarjana, ini meningkatkan persaingan secara drastis. Sekarang tidak cukup hanya gelar sarjana yang dimiliki untuk melamar kerja.

2. Memiliki sedikit atau tanpa pengalaman kerja
Banyak lulusan perguruan tinggi membuat kesalahan besar dengan mengasumsikan bahwa gelar mereka yang akan membantu mendapat pekerjaan. Seharusnya mereka mengisi waktu luang saat kuliah dengan mengikuti kerja magang atau setidaknya freelance.

3. Tidak memiliki keterampilan lain
Kamu harus pandai dalam sesuatu, alias memiliki keterampilan. Tidak cukup hanya gelar sarjana, kamu harus punya keterampilan lain yang bisa kamu jual untuk bisa memberi kontribusi yang bernilai bagi perusahaan.

4. Kurangnya networking
Statistik menunjukkan mayoritas orang mendapatkan pekerjaan melalui koneksi yang didapatkan dari networking. Habiskanlah banyak waktu untuk menciptakan networking saat masih di kampus. Cari banyak teman, berhubungan dengan perekrut, penasihat karir, dll. Jangan meremehkan kekuatan networking dan koneksi.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply