Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, January 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Ambil Cuti Tahunan

Sumber foto: iStockSumber foto: iStock

Topcareer.id – Apa pun pekerjaan kamu, cuti tahunan perlu kamu ambil. Pikiran dan tubuh kamu butuh istirahat yang layak dari tempat kerja.

Penelitian menunjukkan bahwa mengambil cuti tahunan untuk tujuan liburan bisa meningkatkan produktivitas di tempat kerja, meningkatkan kesehatan mental, dan memperpanjang hidup kamu.

Dilansir dari australianunity.com.au, Kamis (12/12/2019), berikut ini manfaat dari mengambil cuti tahunan.

  • Mengurangi stres
    Stres di tempat kerja bisa meningkatkan kecemasan, menyebabkan sakit kepala, tekanan darah tinggi, depresi, dan penurunan produktivitas. Kurangilah semua itu dengan cuti.
  • Meningkatkan kemungkinan panjang umur
    Mengambil cuti tahunan merupakan salah satu kunci untuk hidup lebih lama. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Pengobatan Psikosomatik menemukan penurunan risiko kematian dini melalui aktivitas ini.
  • Suasana hati membaik
    Menurut studi yang diterbitkan dalam Wisconsin Medical Journal, orang yang mengambil liburan kurang lebih dua kali per tahun cenderung menjadi depresi, tegang atau lelah. Karena itu, tambahlah frekuensi liburan untuk membuat suasana hatimu stabil.
  • Kehidupan sosial yang lebih baik
    Studi juga melaporkan adanya peningkatan kebahagiaan pada orang mengambil waktu cuti secara reguler. Mereka yang sering berlibur ternyata lebih puas dengan pernikahan dan pekerjaan mereka.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
    Pecandu kerja, waspadalah! Studi penelitian di Inggris menemukan 67 persen peningkatan risiko penyakit jantung pada mereka yang bekerja 11 jam atau lebih sehari dibandingkan dengan mereka yang bekerja hanya tujuh atau delapan jam.

Kesimpulannya, beristirahatlah demi kesehatanmu. Mengambil cuti tahunan adalah kesempatan untuk ‘mengisi ulang baterai kamu’.

Editor: Feby ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply