Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, January 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Sebelum Liburan, Lakukan Hal Ini Dulu di Kantor

Ilustrasi. (dok. MyVenturePad)

Topcareer.id – Sebelum kamu pergi untuk liburan akhir tahun, ada beberapa hal yang perlu kamu selesaikan terlebih dahulu di kantor.

Tidak hanya menurunkan risiko penyakit jantung dan depresi, liburan juga meningkatkan produktivitas dan menurunkan tingkat stres. Namun, stres bisa ikut kemanapun kamu pergi jika kamu tidak mengambil langkah-langkah tepat di kantor sebelum kamu pergi berlibur.

Sederhananya, jika kamu tidak cukup mempersiapkan liburan, mungkin kamu akan berakhir menjadi sedikit kurang santai saat liburan.

Baca juga: Liburan ke Korea Rasa Perancis, Yuk Datang ke Tempat Ini

Mengutip Graduan.com, berikut ini hal yang harus kamu lakukan di kantor sebelum kamu liburan.

Rencanakan liburan sejak jauh hari
Ajukan cuti jauh-jauh hari. Pastikan bos dan kolega tahu kapan kamu pergi. Rencanakan liburan dengan baik sehingga tidak berbenturan dengan tenggat waktu atau proyek penting.

Buat to do list
Setelah cuti disetujui, mulailah buat daftar apa yang perlu diselesaikan sebelum kamu pergi. Ide bagus untuk melihat ke depan pada kalender, apakah ada hal penting yang akan muncul setelah liburan. Dengan melakukan itu, kamu bisa mengantisipasi hal-hal yang perlu segera dilakukan sekembalinya dari berlibur.

Baca juga: 5 Tips Packing Efisien dan Nyaman untuk Liburan

Atur beban kerja
Apakah ada sesuatu yang perlu diselesaikan sebelum liburan? Jika ada, pastikan kamu memberi diri waktu yang cukup untuk menyelesaikannya dengan baik. Tetap realistis, kamu tidak akan bisa menyelesaikan semuanya, jadi tetapkanlah daftar prioritas.

Delegasikan pada tim
Buat daftar tugas untuk tim kerjamu sehingga mereka tahu apa yang perlu dilakukan saat kamu pergi. Tuliskanlah daftar tugas secararinci semuanya.

Serah terima pekerjaan
Atur meeting dengan atasan dan rekan kerjamu untuk membahas tugas-tugas yang perlu dilakukan saat kamu pergi. Periksalah setiap item untuk memastikan mereka memahami apa yang diharapkan. Bawa makanan atau kopi ke dalam meeting sebagai cara untuk mengucapkan terima kasih sebelumnya.

Katakan pada klien
Beri tahu klien bahwa kamu akan berlibur dan beri tahu mereka rekan mana yang akan menggantikanmu saat kamu pergi. Tanyakan juga apakah ada sesuatu yang mereka butuhkan sebelum kamu pergi. Poin plus ini cara yang bagus untuk menunjukkan inisiatif.

Tulis pesan di email
Siapkan email autoreply dan voicemail yang menyatakan berapa lama kamu akan pergi dan siapa yang harus dihubungi saat kamu tidak ada.

Membersihkan ruang kerja Jangan tinggalkan piring atau cangkir kotor itu di atas meja kamu. Tumpuk file dan dokumen penting sehingga mudah bagi kolegamu untuk menemukannya jika perlu. Jaga agar semuanya teratur demi semua orang.

Sehari sebelum kamu pergi, cek dengan semua orang untuk memastikan semuanya sudah benar dan jelas. Jika kamu telah melakukan semua hal di atas, kamu pasti akan menikmati waktu istirahat yang layak. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply