Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, August 14, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tidur dengan Lampu Menyala Bisa Bikin Berat Badan Naik

Sumber foto: AfaaeSumber foto: Afaae

Topcareer.id – Wanita, berhati-hatilah. Tidur dengan lampu atau TV menyala di kamar bisa membuat berat badan badan kamu bertambah.

Dikutip dari webmd.com, Kamis (12/12/2019), seorang Doktor di Institut Nasional Ilmu Kesehatan Lingkungan AS di Research Triangle Park, N.C. mengungkapkan bahwa mematikan lampu saat tidur merupakan cara terbaik untuk mencegah kemungkinan kenaikan berat badan yang berujung pada obesitas.

Paparan cahaya buatan seperti ampu dan layar TV bisa menekan hormon melatonin dan mengganggu siklus tidur dan bangun yang alami.

Hal ini juga bisa mengganggu variasi hormon stres sehari-hari dan mempengaruhi proses metabolisme lainnya dengan cara yang berkontribusi pada penambahan berat badan.

Baca juga: Banyak Tertawa, Badan Jadi Kurus dan Jantung Sehat

Menyalakan lampu juga bisa menyebabkan kurang tidur. Tidur yang lebih singkat bisa membuat kamu malas berolahraga dan makan lebih banyak.

Wanita yang tidur dengan lampu menyala 17% lebih mungkin mendapatkan tambahan berat badan 5kg atau lebih selama lima tahun.

Temuan itu tidak berubah ketika para peneliti memperhitungkan diet wanita dan aktivitas fisik, yang menunjukkan bahwa cahaya saat tidur berperan penting dalam penambahan berat badan dan obesitas.

Terpapar langsung cahaya buatan saat tidur membuat suasana hati menurun dan pengendalian diri jadi berkurang, hingga terjadilah perubahan keseimbangan hormon yang menyebabkan naiknya berat badan.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply