- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Benarkah Cuaca Buruk Pengaruhi Sinyal WiFi?

Ilustrasi. (dok. Tech Quintal)

Topcareer.id – Pernahkah kamu bertanya-tanya apakah sinyal WiFi terpengaruh oleh cuaca atau tidak? Mungkin pikiran ini telah muncul di benak banyak orang sampai sekarang.

Dalam teknologi modern, WiFi telah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia sehari-hari. Sinyal buruk dari router atau jaringan terdekat sudah cukup bagi kamu untuk kehilangan kesabaran. Kamu mungkin juga sering mendengar banyak cerita yang mengaitkan sinyal WiFi dan cuaca yang buruk.

Apakah cuaca mempengaruhi sinyal WiFi?

Baca juga: Agar Tidak Stres, Penting Istirahat Sejenak dari Handphone

Dikutip Weather-station.com, dijelaskan semua faktor yang paling mungkin mempengaruhi sinyal WiFi. Banyak komunitas bisnis dan daerah telah melakukan percobaan dalam hal ini.

Salah satu contoh area tersebut adalah WiFi komunitas Google di Palo Alto di San Francisco Bay. Eksperimen ini menunjukkan bahwa ada sejumlah kondisi cuaca yang melemahkan sinyal WiFi secara signifikan.

Tapi, kamu harus tahu bahwa cuaca hanya bisa memengaruhi sinyal WiFi di kondisi luar ruangan. Jadi jika kamu menggunakan WiFi dari router yang ditempatkan di dalam rumah atau ruang kantor, kamu tidak perlu khawatir tentang kondisi cuaca.

Saat ini penggunaan WiFi yang paling umum adalah melalui router nirkabel di rumah atau kantor. Akibatnya, bentuk sinyal WiFi tersebut tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca buruk. Namun, suhu dan kelembaban adalah dua kondisi cuaca yang mungkin memengaruhi sinyal WiFi dalam ruangan kamu.

Di antara kondisi cuaca umum, curah hujan paling banyak memengaruhi sinyal WiFi. Apakah kamu tahu kenapa?

Baca juga: Harus Berapa Kali Bersihkan Handphone untuk Hindari Kuman?

Karena, frekuensi radio diserap dan diblokir sebagian oleh tetesan hujan. Jadi, jika kamu menggunakan sinyal WiFi publik yang berbasis tiang lampu, kemungkinan besar kamu akan mengalami sinyal terputus saat hujan.

Suhu merupakan salah satu kondisi cuaca yang memengaruhi sinyal WiFi indoor dan outdoor. Hampir semua peralatan listrik dibuat untuk bekerja dalam kisaran suhu tertentu. Jika suhu turun di bawah batas kisaran atau naik di atas kisaran, alat tidak akan berkinerja baik.

Jadi, baik di luar atau di dalam ruangan, WiFi akan bekerja dengan baik dalam kisaran suhu yang sesuai. Jika suhunya terlalu tinggi atau rendah, kamu akan cenderung menerima sinyal WiFi yang buruk.

Kelembaban juga mempengaruhi kekuatan sinyal WiFi kamu. Apa yang dilakukannya adalah mempersulit router untuk mengirimkan sinyal dengan benar. Dengan kata lain, kelembaban yang ada di udara bisa mengganggu sinyal dari router kamu.

Akibatnya, kamu akan mengalami koneksi internet yang lambat. Kondisi kelembaban ekstrim akan sangat mempengaruhi sistem WiFi jarak jauh. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply