- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kantor Terancam Tutup? Lakukan Ini Agar Tak Jadi Pengangguran

Ilustrasi (Dok. Lifehacker)

Topcareer.id – Banyak yang berpendapat bahwa berusaha mempertahankan pekerjaan lebih sulit dan lebih menegangkan daripada mencoba menemukannya. Untuk menghindari menjadi pengangguran, kamu perlu melakukan beberapa hal penting untuk menjaga dirimu tetap aman di pekerjaanmu yang sekarang.

Menganggur bisa melumpuhkan karier dan kehidupan sosial orang serta membatasi impian dan aspirasi. Itulah sebabnya harus dihindari.

Mengutip Bayt.com, Selasa (17/12/2019), berikut ini beberapa hal yang bisa kamu mulai lakukan sekarang untuk menghibdari menjadi pengangguran.

Baca juga: Menganggur? Ikut Pelatihan Hidroponik Saja

Rencanakan langkah selanjutnya
Banyak orang terlena melihat ke masa lalu. Memikirkan apa yang salah sehingga gagal melihat ke masa depan dan merencanakan langkah selanjutnya dalam karier mereka. Dengan melihat ke depan dan mengembangkan pendekatan proaktif, kamu bisa mulai menetapkan tujuan yang berfokus pada tindakan untuk perbaikan. ini akan membawamu pada lebih banyak peluang dan akhirnya karier yang stabil akan terpetakan dengan baik.

Hubungi mentor masa lalu
Pastikan kamu tidak menghubungi mereka karena alasan yang tidak penting. Kamu bisa hubungi mereka untuk meminta pendapat tentang sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan atau bahkan untuk menghidupkan kembali persahabatan kamu. Dengan begini saat posisimu di kantor terancam, kamu masih punya pihak yang bisa membantumu untuk segera mendapat pekerjaan kembali sehingga kamu terhindar dari menganggur.

Baca juga: Menaker Tegaskan Kartu Prakerja Bukan Gaji Pengangguran

Berani mengambil langkah untuk pengembangan
Selalu ada ruang untuk mempelajari sesuatu yang baru dan meningkatkan keterampilan. Tetapi yang penting dengan mempelajari keterampilan baru adalah keterampilan itu harus cukup relevan untuk dipasarkan. Kamu bisa melakukan ini dengan menggunakan layanan pembelajaran seperti kursus online dan kursus pelatihan.

Bangun personal branding
Personal branding bisa membantu membuka berbagai pintu profesional dalam karier kamu terutama di pasar yang sangat kompetitif saat ini. Kamu harus bisa membedakan diri dari banyak orang lain di bidang kamu. Dengan begini kamu akan lebih dikenal dan diingat oleh orang-orang yang berkepentingan dan profesional terkemuka di perusahaan tempat kamu bekerja. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply