- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mau Liburan Naik Pesawat? Perhatikan 8 Hal Penting Ini

Dok. Hearing Link

Topcareer.id – Kamu akan liburan Natal dan tahun baru menggunakan transportasi udara? Sudah tahu belum hal apa saja yang harus kamu perhatikan sebelum dan saat ingin berlibur menggunakan pesawat?

Agar liburan kamu nyaman dan tidak bermasalah, pastikan kamu sudah memperhatikan 8 hal berikut ini ya.

Pertama, perhatikan perkiraan cuaca di destinasi yang akan dikunjungi dan antisipasi potensi gangguan perjalanan akibat cuaca yang kurang baik. Jadi alokasikan waktu tambahan saat merencanakan perjalanan.

Kedua, lalu lintas di tempat tujuan bisa jadi lebih padat saat musim liburan, jadi pilihlah jadwal penerbangan yang paling sesuai dengan rencana perjalanan.

Baca juga: Ingin Tetap Kerja Setelah Pensiun? Coba 5 Profesi Ini

Ketiga, perhatikan jenis barang yang dibawa. Jangan membawa barang-barang dengan pencatut daya seperti power bank, laptop, e-cigarette karena barang tersebut tidak diperbolehkan untuk dimasukkan ke dalam bagasi pesawat.

Selain itu jika kamu membawa barang berupa cairan, gel, dan aerosol kamu harus mengemasnya dalam plastik tertutup untuk mencegah kebocoran akibat perbedaan tekanan udara.

Keempat, jika membawa makanan atau barang yang mudah rusak di dalam bagasi, mintalah penanda ‘Fragile’ kepada petugas agar barang kamu dapat ditangani dengan lebih baik.

Kelima, hindari menyimpan barang-barang berharga di dalam bagasi dan tandai koper untuk menghindari barang tertukar seperti menuliskan email di koper kamu ya.

Keenam, kamu diperbolehkan membawa tas berukuran kabin dan tas kecil ke dalam pesawat dengan total berat maksimal 7 kg. Jadi simpanlah paspor, dompet, uang tunai, pulpen, dokumen perjalanan, barang-barang kebutuhan pribadi seperti obat-obatan, kacamata, telepon genggam, alat elektronik dan perlengkapannya di dalam tas kecil yang telah kamu bawa. Dan jangan membawa barang berharga dan perhiasan berlebihan, ya.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Berlibur atau Traveling Itu Penting Buat Kamu

Kelima, jika kamu hendak bepergian dengan anak kamu yang masih bayi, pesanlah kursi dengan ruang kaki lebih lega. Atau kamu bisa mengecek terlebih dahulu apakah dalam penerbangan kamu terdapat fasilitas bassinet (peminjaman keranjang bayi), jika ada, tidak ada salhnyakan menggunakan fasilitas itu untuk kenyamanan anak kamu.

Keenam, agar menjamin kamu tidak kehabisan makanan selama penerbangan, sebaiknya pesan tiket lebih awal dan pesan pilihan makanan kamu sekaligus ya.

Ketujuh, upayakan agar tiba di bandara 3 jam sebelum keberangkatan. Hal ini untuk menghindari ketidaknyamanan akibat terburu-buru dan kepadatan antrian untuk proses pemeriksaan keamanan, check-in bagasi, dan imigrasi.

Kedelapan, terakhir, jangan pernah tergoda untuk bercanda tentang bom di pesawat ya, karena itu akan dianggap sebagai ancaman serius terhadap keselamatan penerbangan dan kamu akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Selamat libur Natal dan tahun baru. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply