Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Jarang Berkedip Dapat Sebabkan Sakit Kepala. Ini Cara Atasinya

Dok. Mental floss

Topcareer.id – Kamu suka menatap layar komputer atau smartphone selama berjam-jam? Jangan lupa ya untuk sering berkedip, karena jika kamu jarang berkedip bisa-bisa malah sakit kepala. Atau lebih parahnya lagi kamu mendapat masalah dalam penglihatan.

Dikutip dari Studyfinds.org, Kamis (19/12/2019) umumnya manusia secara alami berkedip sekitar 20 kali per menit, tetapi ketika berkonsentrasi pada komputer, angka itu akan turun antara menjadi 1 sampai 3 kali setiap 60 detiknya.

Temuan ini terungkap setelah penelitian yang dilakukan terhadap 2 ribu pekerja yang bekerja dari jam 9 pagi hingga 5 sore tentang kebiasaan mereka di mengonsumsi media digital.

Baca juga: Tiga Cara Simpel Biar Tidur Malammu Berkualitas

Penelitian itu menunjukan bahwa rata-rata orang menghabiskan waktu hampir 6 jam dalam sehari untuk menatap layar komputer ataupun smartphone; dan sepertiga pekerja tersebut mengatakan bahwa mereka sering menderita sakit kepala dan sakit mata.

Pakar bedah okuplastik, Sabrina Shah Desai mengatakan layar ada di mana-mana dan sulit untuk mengindarinya, terutama di lingkungan kerja. Menurutnya yang paling penting adalah mengambil langkah-langkah untuk mendapatkan istirahat teratur dan menjaga mata dari cahaya yang dipantulkan perangkat digital.

Shah-Desai merekomendasikan mengikuti aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit kamu dianjurkan melihat sesuatu setidaknya 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Selain itu, ia juga menyarankan untuk menyesuaikan kecerahan atau pengaturan teks pada layar. itu akan membantu kamu meminimalkan kerusakan fungsi penglihatan dalam jangka panjang dan menjaga kesehatan yang optimal.

Jadi jangan lupa untuk sering berkedip dan menyesuaikan cahaya pada layar komputer dan smartphone kamu, ya. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply