Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Skills.id

Karya Lukisannya Tembus Pameran di Italia

Skills.id – Dalam mengekspresikan diri, kamu bisa melakukannya dengan berbagai cara termasuk melakukan hobi yang kamu sukai, seperti misalnya menggambar atau melukis di media kanvas, kayu, kertas, atau media lainnya. Dengan keberanian dalam mengekspresikan diri melalui hobi inilah, maka kecintaanmu akan hobi tersebut menjadi semakin kuat hingga bisa membawamu pada titik kesuksesan.

Seperti halnya, Joko Supratikno yang mencintai seni lukis hingga menjadikannya sebagai pelukis berbakat di Indonesia. Di mana, karya lukisan cat air miliknya pernah mewakili Indonesia dalam sebuah pameran seni internasional “Urbino In Acquerello” di Italia pada tahun 2017.

Ikuti juga: Learn How to Create a Landscape with Watercolor

https://www.instagram.com/skillsidofficial/

Bakat seni melukis yang dimilikinya ini pun ternyata sudah muncul sejak ia duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Dan mulai dari situlah, Joko mengikuti berbagai perlombaan melukis dan berhasil menyabet piala. Hingga tamat SMA, ia memutuskan untuk mengasah bakat melukisnya dengan melanjutkan kuliah di Institut Seni Yogyakarta. Namun sayangnya, ia berhenti kuliah dan memilih kembali ke kota asalnya di Jember dengan tetap terus melukis secara otodidak.

Sejak 5 tahun lalu, Joko pun memutuskan untuk menjadi spesialisai seni lukis dengan menggunakan cat air. Menurutnya, lukisan cat air kaya akan teknik seperti wet on dry, wet on wet, dan dalam proses mencampurkan warna merupakan hal yang sangat kreatif.

Ikuti juga: Learn How to Paint Basquiat’s Painting Style

https://www.instagram.com/skillsidofficial/

Ia juga menjelaskan, proses pembuatan lukisan cat air, dimulai dengan cara membuat sketch lalu layering, kemudian yang terakhir adalah melakukan proses detailing. Sedangkan, untuk pemilihan bahan Joko memilih untuk menggunakan kertas khusus yang diimpor dari Italia, karena di Indonesia kertas tersebut belum ada.

Selain dipamerkan di Italia, hasil karya lukisan lainnya pun juga sudah banyak dijual melalui pameran seni, seperti pameran dan lokakarya lukisan di UNTAR pada tahun 2016, pameran nasional KOLCAI 2016 di Griya Santrian Sanur-Bali, hingga pameran lukisan “Berwarna dalam Harmoni” tahun 2019 di Balai Budaya-Jakarta, serta Art & Craft Expo 2019 di Food Centrum.

Ikuti juga: Learn The Technique of Watercolours Painting With Flat Brush And Design Editing

Learn How to Paint Watercolour Galaxy

Learn How To Paint Watercolor Sun Flowers For Mothers Day

Leave a Reply