- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, January 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Bukan Indonesia. Pengekspor Durian Terbesar di Dunia Adalah Negeri Ini

Durian Thailand (dok. The Jakarta Post)

Topcareer.id – Departemen Negosiasi Perdagangan di bawah Kementerian Perdagangan Thailand menunjukkan bahwa Thailand kini telah menjadi eksportir durian terbesar di dunia, dan Malaysia jauh tertinggal di belakang.

Direktur Jenderal Departemen Negosiasi Perdagangan Oramon Sapthaweetham, mengatakan bahwa pada paruh pertama tahun 2019, Thailand telah mengekspor durian segar yang diperkirakan mencapai 817 juta dolar AS, naik 45 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Melansir xinhuanet.com, Kamis (19/12/2019), pasar utama Thailand `adalah Cina dan negara-negara di Asia Tenggara, pasar ini menguasai 79 persen ekspor durian Thailand. Dalam enam bulan pertama tahun 2019, ekspor durian ke China berjumlah 425 juta dolar AS sementara ekspor ke negara-negara di Asia Tenggara memperoleh 219 juta dolar AS.

Baca juga: Makanan yang Tampaknya Sehat, tapi Nyatanya Nggak

Kesuksesan ekspor durian yang berkelanjutan ini berkat perjanjian perdagangan bebas Thailand atau Free Trade Agreement (FTA) dengan banyak negara. Thailand memiliki enam belas FTA tarif nol yang berlaku dengan sembilan negara ASEAN (tidak termasuk Timor Leste), Australia, China, Chili, Hong Kong, India, Jepang, Selandia Baru, dan Peru.

Kini durian Thailand semakin membanjiri pasar buah segar di Indonesia. Walaupun Indonesia sendiri juga menghasilkan durian sendiri, namun pasar ekspor durian asal Thailand tetap ramai oleh para penikmat durian. Bahkan di Indonesia dan Malaysia durian Thailand sudah dibudidayakan juga. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply