Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Skills.id

Public Speaking Orang Dewasa vs Anak-anak

Ilustrasi (personalexcellency.com)

Skills.id – Ketika seseorang berbicara di depan umum, baik itu orang dewasa atau anak-anak pasti pernah merasakan gugup, cemas, atau khawatir, meskipun ia sudah berulang kali berbicara di depan banyak orang. Maka, untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pembelajaran dan pelatihan public speaking sejak dini dan kalaupun sudah beranjak dewasa, public speaking pun masih bisa dipelajari dan dilatih.

Tapi, mana yang lebih mudah diajari dan dipelajari antara public speaking untuk orang dewasa dan anak-anak? Inilah penjelasan dari Miss Via, salah satu educator (pengajar) Skills.ID.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Public Speaking

Menurut Miss Via, terdapat perbedaan antara public speaking untuk orang dewasa dan anak-anak. Dalam hal pembelajaran, public speaking untuk orang dewasa memiliki banyak sekali teknik, seperti untuk mengembangkan skill, brainstorming, praktik di depan kamera, dsb. Sedangkan, jika dilihat dari kebutuhan, public speaking untuk orang dewasa lebih digunakan dalam dunia karir, seperti di kantor atau di kampus bagi mahasiswa.

Ilustrasi Public Speaking Orang Dewasa (hipwee.com)

Lalu, untuk public speaking anak-anak biasanya para pengajar akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, suportif, dan memotivasi dengan metode pembelajaran yang fun learning. Hal ini dilakukan, karena anak-anak akan sangat senang apabila pengajar menyuguhkan cara belajar menggunakan metode sambil bermain.

Sedangkan, jika dilihat dari kebutuhannya, yang pertama adalah untuk eksplorasi perasaan, kedua untuk membentuk kepribadian, dan terakhir untuk membentuk kemandirian seorang anak, yang tentunya akan sangat berguna untuk dunia sekolahnya dan menjadi bekal saat ia dewasa nanti.

Ikuti juga: Great Presentation Workshop

Sebagai seorang pengajar public speaking, baik untuk orang dewasa atau anak-anak pasti memiliki kesulitan dan kemudahan dalam hal mengajar. Seperti jika mengajari orang dewasa, tentu tingkat kefokusan bisa didapat dengan mudah. Berbeda dengan mengajari anak-anak yang cepat merasa bosan dan menjadi sulit untuk membuat mereka fokus.

Hal itu disebabkan, karena anak-anak tidak bisa dipaksa untuk belajar secara terus menerus. Maka, pengajar harus membuat ruangan yang menyenangkan, sehingga metode fun learning bisa menjadi salah satu solusi.

Ikuti juga: Membuat PPT Anti Nguap dan Jurus Mempersiapkan Presentasi

Ilustrasi Public Speaking Anak-anak (SMUS Paper)

Sebuah motivasi pun juga sangat dibutuhkan bagi seorang anak untuk melawan rasa takutnya ketika ia dihadapkan oleh orang banyak dan Miss Via mempunyai cara untuk membuat mereka jadi senang belajar public speaking.

Kunci pertama adalah BHSP (Bina Hubungan Saling Percaya), ketika kita sudah saling mengenal dengan anak tersebut. Maka, ia akan terbuka dan pada akhirnya menceritakan hal apapun, baik itu kesedihannya ataupun kesenangannya, sehingga program belajar pun akan berjalan dengan baik. Lalu kunci yang kedua adalah jangan memaksa mereka ketika mereka sedang tidak ingin belajar. Namun, kita bisa melakukan hal lain terlebih dahulu sebelum mulai belajar.

Ikuti juga: Membuka, Membuat, dan Menutup Presentasi & Teknik Ice Breaking

Kemudian, kunci yang ketiga adalah bagaimana caranya kita bisa meningkatkan mood mereka. Ketika moodnya sedang kurang baik, maka kita jangan berhenti sampai disitu saja. Kita harus merangkul mereka dengan cara bermain agar suasana menjadi lebih aktif lagi. Dan terakhir yang paling penting adalah kita sampaikan kepada anak tersebut bahwa hal yang kita pelajari bersama merupakan hal yang benar dan bermanfaat untuk masa depannya.

Sumber foto: https://myrepublica.nagariknetwork.com/

Pada intinya, jangan memaksakan anak untuk belajar dan jangan memaksakan kehendak kita agar mereka selalu mengikuti apa yang kita inginkan. Karena, cara berpikir dan belajar seorang anak berbeda dengan orang dewasa yang bisa memposisikan segala hal yang dibutuhkan untuk masa depannya.

Jadi, jika kamu ingin pintar berbicara di depan umum teruslah belajar dan berlatih mulai dari sekarang sebelum terlambat. Karena public speaking, kapanpun dan dimanapun sangat dibutuhkan dalam berbagai hal dan jika kamu ingin melatih soft skill public speaking, kamu bisa ikuti workshop Miss Via di Skills.ID.

Ikuti juga: Public Speaking Workshop

Wonderfull Grooming Q&A Handling dan Microphone Technique

Mengatasi Rasa Grogi dan Meningkatkan Percaya Diri

Leave a Reply