- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, January 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Hentikan Pengeluaran 3 Hal Ini, Milenial Bisa Menghemat Banyak Uang

Dok. Utica College

Topcareer.idNgopi-ngopi santuy di kafe tiap hari sudah jadi lifestyle para milenial. Tapi, percayalah bahwa jika gaya hidup itu terus diikuti, maka kamu sudah melakukan kesalahan bodoh untuk keuanganmu di masa depan.

Statistik menunjukkan, generasi milenial masih menghabiskan uang untuk hal-hal yang menurut para ahli keuangan akan menjadi penghematan besar jika hal itu dihindari. Hal-hal seperti itu dikatakan oleh bintang  Shark Tank dan ketua ETF O’s Shares, Kevin O’Leary, sebagai sesuatu yang bodoh.

Berikut saran O’Leary kepada milenium tentang kebiasaan pengeluaran teratas yang harus dihentikan, seperti dalam laman CNBC Make It.

Baca juga: Manfaat Kopi: Mood Booster hingga Tekan Risiko Kematian

1. Kopi

“Kopi seharga USD4. Sangat bodoh. Dengar, aku tahu aku akan mendapatkan surat kebencian dari semua merek kopi, tetapi kopi bikin sendiri itu harganya 18 sen. Sampai kamu memiliki tabungan dan telah melunasi hutang kuliah, jangan membeli kopi USD4. Saya melarangmu,” kata O’Leary kepada CNBC.

Harga secangkir kopi sangat bervariasi di seluruh dunia. Untuk Indonesia saja, beli kopi di Starbucks setidaknya kamu harus keluarkan uang Rp50ribu untuk satu gelasnya.

2. Sepatu

“Kamu tidak perlu punya lebih dari empat pasang sepatu. Kamu hanya butuh sandal jepit, untuk melakukan sesuatu di luar, dan dua pasang sepatu resmi. Kamu bodoh jika membeli lebih banyak sepatu. Karena kamu tidak akan pernah memakainya, dan mereka akan duduk di sana selama bertahun-tahun,” ucap O’Leary.

Untuk poin yang satu ini, perempuan tampaknya menjadi pelanggar terburuk. Aplikasi perbandingan kartu kredit CreditDonkey melaporkan bahwa rata-rata orang membeli 7,8 pasang sepatu per tahun. Dan sebuah laporan oleh Psychology Today menemukan bahwa, memang, dari semua pasang sepatu yang dimiliki, kebanyakan orang secara teratur hanya mengenakan tiga hingga empat.

3. Jeans

“Jika kamu memiliki lebih dari tiga pasang jeans – satu hitam, satu putih dan satu jean asli – kamu seorang idiot. Terlalu banyak, kamu tidak membutuhkan itu,” kata dia.

Saat ini, jeans rata-rata sekitar Rp300ribu hingga Rp1 juta untuk Indonesia. Dan jeans wanita harganya rata-rata 10 persen lebih tinggi daripada pria, menurut aplikasi perbandingan kartu kredit CreditDonkey. Pada pakaian secara umum, wanita berusia 16 tahun ke atas menghabiskan 76 persen lebih banyak daripada pria pada usia yang sama. Rata-rata orang dewasa berusia 25-34 menghabiskan USD 161 per bulan untuk pakaian. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply