- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, February 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Hadapi Pasangan yang Marah, Begini Cara Baiknya

Ilustrasi dari adegan film Marriage Story (2019). (dok. Netflix)

Topcareer.id – Kemarahan dapat merusak hubungan. Sikap dan perilaku negatif partner yang marah bisa menguras energi kamu. Bisa membuat kamu frustrasi dan merusak kesehatan juga.

Namun, jika kamu mampu menangani pasangan yang marah dengan terampil, hubungan kamu bisa berubah secara dramatis. Mengutip Goodtherapy.org, berikut beberapa strategi efektif untuk berurusan dengan partner yang marah.

Jika kamu mampu menangani pasangan yang marah dengan terampil, hubungan kamu dapat berubah secara dramatis. Berikut adalah beberapa strategi efektif untuk berurusan dengan pasangan yang marah.

Baca juga: Sedang Cari Pasangan Hidup? Kenali Dulu 5 Ciri Pria Pelaku KDRT

Netral
Ketika mencoba meredakan pasangan yang marah, mereka mungkin menjadi defensif dan lebih tidak kooperatif. Adalah tidak bijaksana untuk marah juga dalam menanggapi kemarahan pasangan kamu. Biarkan mereka melepaskan amarahnya dan akhirnya akan tenang sendiri. Semakin tenang kamu, semakin cepat amarah mereka reda.

Respect
Ketika kamu bertindak dan berbicara dengan sikap hormat yang tegas, percaya diri, jujur, dan terbuka. Mereka akan merasa lebih dihargai dan didengarkan.

Komunikasi secara konstruktif dan memahami
Untuk menghindari kemarahan pasangan kamu, bijaksana untuk secara aktif mendengarkan mereka sampai kamu yakin mereka merasa didengar dan dipahami. Coba pahami kebutuhan terdalam mereka dan memvalidasinya. Validasi adalah salah satu cara mengkomunikasikan penerimaan terhadap diri sendiri dan orang lain. Itu tidak berarti setuju dengan segalanya. Sebaliknya, itu mengakui dan mempertimbangkan perspektif pasangan kamu.

Sabar
Di bawah amarah biasanya terletak emosi yang lebih dalam dan lebih rentan seperti ketakutan, kesedihan, atau rasa sakit, yang mungkin kurang dapat diakses oleh pasangan kamu. Kesabaran bisa berfungsi sebagai penangkal kemarahan di dalam dirimu dan juga pasanganmu.

Baca juga: Yuk, Cintai Pasangan Kita Sebesar Garam

Pilih pertempuranmu
Ungkapan “pilih pertempuran” tidak hanya berlaku untuk pertempuran militer, itu juga relevan dengan hubungan dengan pasangan yang marah. Jika kamu mau, kamu bisa menemukan banyak topik tentang hal yang perlu diperdebatkan dengan pasangan. Namun, akan bermanfaat bagi kamu untuk selektif dan melepaskan hal yang paling tidak penting.

Sampaikan yang perlu disampaikan saat mulai tenang
Tidak ada gunanya menyampaikan banyak hal untuk mengatasi masalah kamu selama kemarahan pasanganmu mendominasi. Berikan waktu untuk menyelesaikan diskusi yang lebih rasional.

Beri pengaruh, bukan kendali
Jangan fokus untuk mencoba mengubah pasangan. Kamu tidak akan bisa. Namun memengaruhi pasangan dengan menciptakan lingkungan positif yang kondusif akan tercipta situasi yang lebih baik. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply