Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, June 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Sumpah Serapah di Kantor Ternyata Bermanfaat Atasi Stres

Ilustrasi. (dok. Mindhackinghappiness)

Topcareer.id – Ketika kamu mulai merasakan stres di kantor, apa yang kamu melakukan agar mengurangi rasa stres tersebut?

Dilansir dari Worldofbuzz.com, Senin (23/12/2019), ada metode tak lazim untuk meringankan stres. Yakni dengan cara mengeluarkan tenaga dengan mengeluarkan kata-kata sumpah serapah atau disebut pula mengumpat.

Hal ini juga berdasarkan penelitian oleh perusahaan telekomunikasi di Inggris, 4com. Menurut penelitian tersebut, dari 2.000 responden rata-rata sekitar 11 kata sumpah serapah dikeluarkan dari mulut mereka untuk meredakan stres. Jadi dalam 5 hari kerja mereka mengeluarkan kata sumpah serapah sebanyak 55 kali. Wah, banyak, ya!

Baca juga: Benefit Kantor Tak Cuma Gaji, Coba Minta Tambahan Cuti

Dalam penelitian tersebut juga diungkapkan bahwa 25% reponden tidak bisa menahan diri, 12% terkadang bisa menahan diri dan 19% mengatakan bahwa mereka mencoba mengendalikan diri dari menggunakan bahasa yang buruk di depan rekan-rekan kerja lainnya.

Ternyata tidak hanya bawahan saja yang sering mengeluarkan emosinya dengan sumpah serapah, namun penelitian ini juga menunjukan 28% karyawan mendengar para manegernya juga turut mengeluarkan sumpah serapah dengan kata-kata kasar. Kemudian disusul dengan karyawan entry-level yaitu 18%. Yang melakukan pekerjaan administrasi seperti resepsionis dan asisten juga melakukan hal yang sama.

Sementara itu, staf katering adalah yang paling sopan dan jarang menggunakan kata-kata umpatan.

Tapi apakah dengan mengeluarkan kata sumpah serapah dan berkata kasar di tempat kerja adalah hal buruk?

Baca juga: Bahaya Berbagi Informasi Gaji dengan Rekan Kerja

Menurut psikoterapis dan pendiri The Luna Hive, Dr Jo Gee dalam beberapa kasus mengeluarkan unek-unek dengan mengumpat sebenarnya dapat bermanfaat bahkan dapat membantu meningkatkan efektivitas kerja.

Dia mengatakan umpatan bersifat kataris dan memungkinkan seseorang mengeluarkan emosi mereka yang terpendam. Dan ini bisa mengarah pada produktivitas kerja yang lebih baik karena individu telah tenang setelah melepaskan tenaga tersebut.

Selain itu Gee menyebut orang yang mengumpat biasanya dianggap lebih jujur dan kredibel. Meskipun hal tersebut dapat bermanfaat, ada baiknya kamu tetap mengontrol diri dengan cara menarik napas dalam-dalam dan mempertimbangkan mengumpat dengan menggunakan sinonim yang tidak terlalu menyinggung. Jadi, berapa banyak dari kamu yang mengumpat di tempat kerja?

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply