Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, January 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Selesaikan Pekerjaan Meski sedang Bad Mood

Sumber foto: New York PostSumber foto: New York Post

Topcareer.id – Mood buruk dalam bekerja sering tak bisa dihindari. Rutinitas kerja 5 hari dalam seminggu, serta tugas besar yang tak kunjung terselesaikan terkadang membuat motivasi kita dalam bekerja menjadi ambyar.

Mengutip dari laman The Muse, Minggu (29/12/2019), ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk melawan mood buruk yang sedang menghantuimu.

Coba dicek ya, siapa tahu bisa membantu.

Ubah cara kamu memandang pekerjaan

Berhentilah berpikir tentang betapa beratnya tugas yang harus kamu kerjakan sekarang. Terus menerus memikirkan tentang sisi negatif dari sebuah pekerjaan akan membunuh mood kamu.

Sebagai gantinya, coba bayangkan betapa menyenangkannya momen ketika kamu bisa menyelesaikan semua tugas itu. Dengan begitu, semangat kerjamu pun perlahan akan meningkat.

Baca juga: Penyebab Wanita Mudah Bad Mood dan Cara Mengatasinya

Fokuslah pada goal-goal kecil

Alasan mengapa donat terasa begitu nikmat untuk dimakan terus menerus adalah ukurannya yang kecil. Kamu bahkan tak akan sadar bisa menghabiskan 3-4 donat sekali makan.

Layaknya donat, buatlah target-target kecil dari tugas yang kamu hadapi sekarang. Dengan begitu, kamu akan lebih cepat menyelasaikan tugasmu, ketimbang langsung mengerjakannya dalam skala penuh.

Perbanyaklah baca

Orang-orang besar seperti Warren Buffet, Bill Gates, dan Elon Musk menyebut aktivitas membaca sebagai salah satu kunci sukses mereka.

Cobalah habiskan sekitar 20 menit sampai 1 jam di pagi hari untuk membaca hal-hal yang informatif dan juga kamu senangi. Pengetahuan baru akan membuat mood-mu lebih baik.

Berhentilah memikirkan hal yang tidak penting

Akan sangat melelahkan jika kamu harus memikirkan semuanya. Terutama hal-hal yang di luar kemampuanmu, atau bahkan sebenarnya tidak terlalu penting bagi hidupmu.

Fokuslah pada apa yang sedang kamu kerjakan sekarang. Dengan begitu, energimu dalam bekerja akan lebih besar, dan motivasimu juga akan terus meningkat.

Tahu kapan harus berhenti

Setelah motivasi dan mood-mu membaik, kamu akan dengan senang hati berjuang menyelesaikan semua tugas yang menumpuk di kantor.

Tapi, jangan lantas bekerja berlebihan. Berhentilah segera setelah jam kerja usai, lalu pakai sisa waktumu sepenuhnya untuk istirahat. Ingat, manajemen waktu yang bagus adalah kunci dari kesuksesan.

Baca juga: Manfaat Kopi: Mood Booster hingga Tekan Risiko Kematian

Lakukan sekarang

Letika membaca ini, kebanyakan dari kamu pasti sedang berpikir kapan kamu akan mulai mengikuti semua saran ini.

Kalau boleh bantu menjawab, mulailah dari sekarang, jangan ditunda lagi. Tak ada pekerjaan yang akan selesai jika kamu tak pernah mulai mengerjakannya.

Rayakan

Ini adalah bagian paling menyenangkan. Yakni merayakan keberhasilan.

Tak perlu menanti tercapainya goal besar untuk melakukannya, mulailah dengan merayakan target-target kecil yang telah berhasil kamu capai. Beri penghargaan kepada dirimu karena telah bekerja keras dengan baik di satu pekan kemarin.

Yuk, mulai bereskan seluruh tugas yang menumpuk.

feby@gmail.com'
the authorFeby Ferdian

Leave a Reply