Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, July 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Breakdance, Sempat Dianggap Tabu Hingga Masuk Olimpiade

Sumber foto: Vimbly.comSumber foto: Vimbly.com

Topcareer.id – Breaking atau breakdance merupakan kegiatan yang dilakukan orang dengan menari dalam irama musik hiphop dari Disc Jockey (DJ).

Gerakan memutar tubuh, “mematah-matahkan” pundak, kaki, dan bertopang kepala yang diperagakan dalam breakdance konon bersumber dari tari tradisional Afrika Barat. Anak muda South Bronx membawa gerakan itu ke lantai disko dan tepi jalan di kota New York pada tahun 70-an.

Ya, alih-alih berkelahi, mereka mengadu kekuatan antar geng melalui breakdance. Mereka menyebut diri mereka break-boy (b-boy, untuk laki-laki) dan break-girl (b-girl, untuk perempuan).

Salah satu Komunitas Breakdance di Indonesia, Breaking Killa Beat Crew (KBC). (Topcareer.id/Charlie)

Masuknya breakdance ke Indonesia

Di Indonesia sendiri, breakdance sempat dianggap tabu dan tidak sesuai dengan budaya masyarakat Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu, komunitas breaking mulai diterima lebih luas oleh masyarakat.

“Menurut saya, pandangan masyarakat cukup positif pada komunitas breaking saat ini. Dilihat dari kemasannya di Indonesia, breaking pure just for fun tidak ada kriminalitas di dalamnya,” ucap Habiby, pelatih senior di komunitas breaking Killa Beat Crew KBC kepada Topcareer.id, belum lama ini.

Ya, penerimaan masyarakat terhadap breakdance terlihat dari komunitasnya yang mulai berkembang dimana-mana. Kompetisi demi kompetisi pun digelar hingga ke taraf internasional.

Puncaknya, kini breakdance menjadi cabang olahraga resmi pada olimpiade 2024 mendatang.

Sumber foto: Pixabay

Nah, ingin tahu lebih banyak soal Breakdance, baca artikel-artikel Topcareer.id di bawah ini:

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply