Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, June 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Hidup Sehat dengan Menyantap Makanan Asia

Sushi. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Menyebut makanan sehat, pasti pikiran orang tak jauh-jauh dari sayur-mayur, buah-buahan, makanan vegetarian, serta makanan diet lainnya. Pasalnya cuma makanan itu yang proporsi kalori, kolesterol, dan lemaknya cenderung rendah.

Tapi bukan berarti kita tidak bisa bersenang-senang dengan makanan sehari-hari yang disiapkan di rumah. Yang terpenting, selain harus teliti soal bahan baku yang digunakan, juga harus teliti soal bumbu atau penyedap rasa. Kenapa?

Karena penelitian US Department of Agriculture menyebutkan, salah satu penyebab kegemukan masyarakat modern adalah penggunaan bumbu masak instan, gula, atau garam yang berlebihan. Mana bumbu yang bisa kamu pilih?

Baca juga: Jurus Jitu Bikin Orang Pilih Makanan Sehat

  • Cabai. Kaya akan vitamin A, baik untuk sistem kekebalan tubuh, memperlancar pencernaan (mengonsumsi).
  • Merica. Menstimulasi indra pengecap, memperlancar pencernaan, dan mengurangi rasa mual.
  • Jahe. Memerangi rasa mual dan muntah, sangat baik untuk mengurangi mabuk kendaraan.
  • Bawang putih. Mengandung antibiotik, juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.
  • Kelapa, karena mengandung antivirus, antibakteri, dan antijamur.

Lalu bagaimana jika kita harus ke pesta, jamuan makan dengan klien menghadapi berbagai jenis makanan? Kamu bisa memilih jenis atau rumah makan seperti berikut ini yang utamanya berasal dari Asia.

Baca juga: Makanan yang Tampaknya Sehat, tapi Nyatanya Nggak

Chinese Food. Sebagai makanan pembuka pilihlah sup kaldu daging yang merupakan menu pembuka rendah kalori yang bisa mengontrol nafsu makan kamu.

Selanjutnya pilihlah menu telur, miso, wonton, atau sup. Sebagai makanan utama, tahu panggang atau kukus atau nasi merah bisa dijadikan pilihan. Salad atau acar juga dijadikan alternatif pilihan. Hindari nasi goreng, pangsit, mi, lo mein, dadar telur, bebek garing, dan moo goo gai pan.

Restoran Jepang. Biasanya menawarkan makanan laut, sayuran, mi. Sup miso yang terbuat dari kedelai bisa dijadikan makanan pembuka pilihan karena mengandung protein yang tinggi. Pilih menu yang menyertakan kata steamed, grilled, roasted.

Jika kamu suka sushi berarti kamu beruntung karena menyantap sushi, salmon, dan tuna sushi merupakan pilihan terbaik. Sashimi disarankan tapi tidak disantap bersama nasi. Tapi hindari pangsit sayuran goreng, yang namanya justru menjebak kamu karena mengandung minyak dan kalori tinggi.

Makanan India. Jenis makanan di resto India juga cukup bersahabat. Pilihlah jenis daging dengan olahan tandoori, karena biasanya diolahnya dengan dibakar. Kamu juga bisa memilih chickpeas, kacang-kacangan, serta menu yang mengandung lentil dan bayam. Masala dan raita juga menu yang layak dicoba. * Diolah dari berbagai sumber.

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply