Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, August 11, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Dokumen Penting Terendam Banjir? Lakukan Ini Untuk Menyelamatkannya!

Ilustrasi. (dok. JNE)

Topcareer.id – Ijazah, sertifikat tanah, akta kelahiran, kartu keluarga, buku nikah, BPKB, hingga akta jual beli. Itu adalah dokumen-dokumen penting yang kamu simpan rapi di rumah. Namun, ketika air bah datang, dokumen-dokumen itu sangat rentan rusak.

Kamu tidak sempat menyelamatkan dokumen penting saat banjir menyerbu rumah kamu? Tenang, jangan panik!

Dikutip dari laman Arsip Nasional Republik Indonesia, Kamis (2/01/2020), ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan sendiri guna menyelamatkan dokumen penting yang basah terkena banjir.

Baca juga: Overthinking Bahaya Bagi Kesehatanmu, Ini Tips Menghentikannya

Umumnya banjir sekaligus mendatangkan lumpur ke rumah kamu yang terdampak banjir. Nah, lumpur inilah yang membuat dokumen kamu menjadi rusak. Jadi, pertama-tama cobalah evakuasi dokumen secara perlahan ke tempat yang aman menggunakan box container plastik sehingga dokumen kamu yang sudah terkena basah tidak semakin rusak.

Kemudian, gunakan air untuk menghilangkan air kotor dan lumpur yang menempel di dokumen kamu. Ingat, gunakan air yang bersih, ya!

Setelah bersih, urai setiap lembar dokumen kamu dengan hati-hati. Jika ada lembaran yang lengket atau sulit dipisahkan, kamu bisa menyemprotkan larutan alkohol 70% atau ethanol ke seluruh permukaan dokumen secara merata. Alkohol ini memudahkan kamu memisahkan dokumen yang menempel tadi.

Terakhir, keringkan dokumen menggunakan kipas angin di dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply