Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Overthinking Bahaya Bagi Kesehatanmu, Ini Tips Menghentikannya

Sumber foto: The Confident TeacherSumber foto: The Confident Teacher

Topcareer.id – Seorang yang overthinking selalu menebak-nebak efek dari setiap keputusan yang mereka buat, dan terus menerus membayangkan hal buruk yang akan terjadi. Terdengar melelahkan bukan?

Overthinking menghalangi orang yang mengalaminya untuk menyelesaikan sesuatu. Dan itu mengacaukan suasana hati, yang lambat laun bisa mengacaukan kesehatan mereka.

Mengutip inc.com, Jumat (22/11/2019), berikut ini cara untuk berhenti overthinking.

Perhatikan pikiranmu
Terlalu banyak berpikir bisa menjadi kebiasaan yang kurang baik. Mulailah memperhatikan cara berpikirmu sehingga kamu bisa mengetahui masalahnya.

Ketika kamu mengkhawatirkan hal-hal yang tidak bisa kamu kendalikan, akui bahwa pikiran kamu tidak produktif. Overthinking hanya membantu ketika itu mengarah pada tindakan positif.

Baca juga: Penyebab Stres Pada Perempuan Muda, dan Cara Mengatasinya

Fokus pada pemecahan masalah
Jika pikiranmu merupakan sesuatu yang bisa kamu kendalikan, pertimbangkan bagaimana kamu bisa mencegah masalah terjadi.

Tapi jika itu adalah sesuatu yang tidak bisa kamu kendalikan seperti bencana alam, pikirkanlah strategi yang bisa digunakan untuk mengatasinya.

Jadwalkan waktu untuk refleksi diri
Berpikir tentang bagaimana kamu melakukan berbagai hal secara berbeda atau mengenali potensi gangguan dalam rencanamu akan membantumu tampil lebih baik.

Masukkan 20 menit “waktu berpikir” ke dalam jadwal harianmu. Selama periode waktu itu biarkan dirimu khawatir atau merenungkan apa pun yang kamu inginkan. Ketika waktu habis, pindahlah pada hal lain.

Baca juga: Ingin Bekerja Terasa Lebih Menyenangkan? Coba Lakukan Ini

Pelajari keterampilan mindfulness
Tidak mungkin untuk mengulangi hari kemarin atau khawatir tentang hari esok ketika kamu hidup di masa sekarang. Mindfulness akan membantumu lebih sadar diri. Ada kelas, buku, aplikasi, kursus, dan video yang tersedia untuk membantumu mempelajari keterampilan mindfulness.

Ubah channel otak
Semakin kamu mencoba untuk mencegah pikiran memasuki otak, semakin besar kemungkinan pikiran itu terus bermunculan.

Ubah saluran di otak kamu dengan mengubah aktivitas. Melakukan sesuatu yang berbeda akan mengakhiri rentetan pemikiran negatif.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply