Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, January 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Apa Karyawan Berwajah Jelek Tak Bisa Dapat Gaji Besar?

Ilustrasi. (dok. AL.com)

Topcareer.id – Menurut sebuah studi pekerja yang memiliki wajah menarik kemungkinan besar bisa mendapat gaji lebih tinggi dibandingkan pekerja dengan wajah pas-pasan.

Penelitian yang dilakukan oleh Satoshi Kanazawa dan Mary Still dari London School of Economics and the University of Massachusetts mengatakan hal itu terjadi lantaran orang menarik cenderung lebih pintar, lebih sehat, lebih tenang, lebih ekstrover dan lebih teliti.

“Pekerja yang secara fisik lebih menarik mungkin berpenghasilan lebih banyak, tidak melulu karena mereka lebih cantik, tetapi karena mereka lebih sehat, lebih cerdas, dan memiliki sifat kepribadian yang lebih baik sehingga pendapatan yang didapat lebih tinggi,” kata Kanazawa.

Baca juga: Camkan, Ini 6 Penyebab Wajah Nampak Lebih Tua

Namun, dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Business and Psychology itu, pekerja dengan wajah yang jelek pun ternyata juga bisa lho mendapat mendapat gaji yang besar.

Mereka yang memiliki wajah jelek selalu mengungguli mereka yang dianggap biasa saja dan dalam beberapa kasus penghasilan merekapun lebih banyak daripada individu dengan daya tarik rata-rata dan di atas rata-rata.

Sehingga para peneliti memutuskan, bahwa seseorang tidak patut didiskriminasi karena penampilan mereka saja. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply