Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, July 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Renang, Olahraga Terbaik Sepanjang Masa. Kenapa Begitu?

Perenang. (dok. Shutterstock)

Topcareer.id – Olahraga sangat dipercaya membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, apapun jenis olahraganya. Tapi, ada salah satu olahraga yang bisa dibilang terbaik sepanjang masa. Yaitu renang. Dan untuk berenang yang kamu butuhkan hanya kolam dan baju berenang.

Menurut penelitian tahun 2017 oleh Swim England, perenang memiliki risiko kematian dini 28% lebih rendah dan risiko kematian 41% lebih rendah akibat stroke atau penyakit jantung.

“Berenang baik untuk individu dengan artritis (penyakit bersifat kronis dan terjadi seumur hidup) karena kurang menahan beban,” Dr. I-Min Lee, profesor kedokteran di Harvard Medical School, mengatakan kepada Harvard Health. Inilah mengapa ini bekerja dengan sangat baik.

Baca juga: Hasil Riset: Duduk terlalu Lama Sama Bahayanya dengan Merokok

Renang berarti latihan untuk seluruh tubuh

“Sementara pengeluaran kalori selama berenang tergantung pada banyak faktor yang berbeda, rata-rata orang berenang gaya bebas pada intensitas sedang akan membakar 500-550 kalori per jam,” kata Dr. Samuel Chan, DPT, ATC, CSCS, kepada PopSugar.

Seiring bertambahnya usia, berenang akan sangat berguna pada tulang-tulang. Pada saat yang sama, kamu akan membangun otot yang membuatmu lebih sehat.

Bagus untuk paru-paru

Nah, kamu perlu paru-paru dalam kondisi yang baik ketika berenang, dan olahraga ini membantu paru-parumu dalam kondisi baik. Penelitian menemukan hubungan yang kuat antara kapasitas paru-paru yang lebih kuat dan perenang.

Berenang memiliki manfaat kesehatan mental

Ingin mengurangi stres? Coba berenang. Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika tikus berenang, mereka sebenarnya menghasilkan sel-sel otak baru yang membantu menggantikan sel-sel yang telah melemah karena stres (ini disebut neurogenesis hippocampal.)

Berenang juga meningkatkan aliran darah ke otak sehingga kamu dapat berpikir lebih jernih. CEO Outdoor Voices Tyler Haney benar-benar pergi ke kolam renang umum setiap pagi sebelum bekerja.

Baca juga: 7 Penyebab Kanker Ginjal yang Perlu Diwaspadai

“Saya menganggapnya sebagai priming untuk hari itu. Aku harus berolahraga di pagi hari,” katanya kepada CNBC.

Penelitian juga menunjukkan bahwa berenang membantu mengatasi depresi, membantu melepaskan ketegangan dan kecemasan, serta meningkatkan nilai diri dan kebahagiaan. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply