Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Praktis dan Mudah Merawat Buku

Ilustrasi.

Topcareer.id – Buat yang hobi membaca atau memiliki anggota keluarga yang senang membaca tentu menginginkan koleksi bukunya selalu awet.

Apalagi jika buku itu adalah buku yang sulit ditemukan ataupun mahal harganya. Sebenarnya, untuk merawat buku-buku itu (buku pelajaran, novel fiksi, komik dan lain sebagainya) tidaklah sulit. Berikut beberapa tip mudah untuk merawat buku.

Disampul
Tidak hanya buku pelajaran lho yang perlu disampul. Buku apapun, termasuk komik dan novel, akan lebih awet jika dilapisi sampul. Jika ingin sampul depan buku tersebut tetap terlihat, pilihlah sampul plastik yang transparan. Menyampul buku tidaklah sulit, hanya perlu sampul, gunting dan isolasi atau lem.

Buku yang disampul nantinya akan selalu tampak bersih. Yang perlu diperhatikan adalah jangan menyampul buku dengan terlalu ketat karena nantinya bagian cover buku akan terlipat karena sering dibuka.

Baca juga: Ini Kendala yang Akan Kamu Temui Saat Kerja Jadi Editor Buku

Gunakan pembatas buku
Seringkali ketika sedang membaca, kita menandai bagian yang sudah dibaca dengan cara melipat bagian ujung halaman yang tengah dibaca. Hal tersebut dapat merusak buku karena bekas yang terlipat akan menjadi lebih mudah sobek. Untuk menandai halaman yang telah dibaca, lebih baik gunakan pembatas buku.

Tidak harus pembatas khusus yang cantik dan mahal, kartu nama atau benda-benda lain yang tipis pun bisa difungsikan sebagai pembatas buku.

Dibersihkan
Buku, apalagi yang merupakan buku koleksi, bila disimpan terlalu lama dan dibiarkan begitu saja akan berdebu. Jangan lupa membersihkan buku-buku yang ada di rak atau di lemari menggunakan kemoceng atau lap. Untuk buku yang disampul plastik bisa dibersihkan dengan menggunakan lap basah. Bagian sampul nya saja ya jangan sampai terkena halaman-halaman bukunya.

Baca juga: Pekerjaan Datang Tak Ada Habisnya? Lakukan 3 Hal Ini

Disusun dengan benar
Cara menyusun buku di rak atau lemari dengan benar adalah disusun berdiri, bukan dengan cara ditumpuk. Menyusun buku dengan menumpuknya berpotensi merusak jilid buku. Selain itu menyusun dengan cara berdiri bisa memudahkan kita untuk mencari dan mengambil buku yang ingin dibaca karena judul dan pengarangnya terlihat jelas

Diberi kamper
Buku yang disimpan di lemari atau rak biasanya menjadi salah satu incaran rayap. Agar buku-buku tidak dirusak oleh rayap baiknya lemari tempat menyimpan buku diberikan sedikit kamper atau kapur barus yang dihancurkan. * Diolah dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply