Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Sekolah

4 Pertimbangan saat Memilih Jurusan Kuliah

keterampilan digitalDok. Digital School

Topcareer.id – Sebelum memilih fokus di satu program studi di bangku kuliah, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal terlebih dulu sampai matang.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebelum menentukan jurusan kuliah, seperti dilansir dari laman The Princeton Review.  

Persiapan karier

Pilih jurusan yang akan mempersiapkanmu untuk jalur karier tertentu atau studi lanjutan. Mungkin kamu sudah tahu bahwa kamu ingin menjadi perawat, ahli terapi fisik, atau web developer.

Sebelum benar-benar menekuninya, coba ambil satu atau dua kelas dalam disiplin yang relevan, periksa silabus untuk seminar lanjutan, dan berbicara dengan mahasiswa di jurusan pilihanmu. Pastikan kamu siap untuk kursus yang diperlukan untuk karier impian.

Potensi Penghasilan

Potensi penghasilan di masa depan patut dipertimbangkan, karena perguruan tinggi adalah investasi besar.

Menurut PayScale.com, jurusan yang mengarah ke gaji tertinggi mencakup hampir semua jenis teknik, matematika aktuaria, ilmu komputer, fisika, statistik, pemerintah, dan ekonomi. Ingatlah juga kualitas hidupmu. Gaji tujuh angka mungkin tidak akan sepadan jika kamu tidak bahagia di kantor.

Baca juga: Mau Kuliah di Luar Negeri? Siap-siap Tulis Esai Tambahan

Subjek yang kamu sukai

Beberapa mahasiswa memilih jurusan hanya karena mereka menyukai materi pelajaran. Jika kamu menyukai apa yang kamu pelajari, kemungkinan besar kamu akan terlibat sepenuhnya dengan kelas dan pengalaman kuliahmu, Ini bisa berarti nilai yang lebih baik, atau hubungan yang hebat dengan orang lain di bidangmu.

Jika panggilan hatimu adalah filsafat, jangan tuliskan itu hanya karena kamu tidak yakin tentang sekolah pascasarjana, atau apa yang dipegang pasar kerja bagi para filsuf. Banyak jurusan seni liberal memberikan siswa keterampilan berpikir kritis dan kemampuan menulis yang sangat dihargai oleh pengusaha.

Bimbang? Jelajahi minatmu dulu

Jika kamu benar-benar tidak tahu apa yang ingin dipelajari, tidak apa-apa. Manfaatkan setiap kursus pendidikan umum yang dibutuhkan, dan pilihlah yang menarik minatmu .

Tolong bicaralah dengan para profesor, penasihat, kepala departemen, dan mahasiswa lainnya. Temukan magang di luar kampus. Menjelajahi minat akan membantu menemukan jurusan yang paling sesuai, dan mungkin karier idealmu.

Leave a Reply