Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, July 13, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Cuaca Ekstrim Segera Datang Lagi, Ini yang Harus Kamu Lakukan

Sumber foto: Portugal ResidentSumber foto: Portugal Resident

Topcareer.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrim akan terjadi di wilayah Jabodetabek pada tanggal 11-15 Januari 2020 dan pada akhir Januari hingga pertengahan Februari 2020.

Cuaca ekstrim ini datang bersamaan dengan pasang purnama yaitu tanggal 11-13 Januari 2020 dan berpotensi menyebabkan banjir di wilayah Jabodetabek.

Dikutip dari laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengantisipasi hal tersebut.

Pertama, mulai Januari hingga pertengahan Februari sebaiknya kamu rajin-rajin mengecek informasi terkait cuaca baik melalui radio, televisi maupun laman bmkg.go.id serta poskobanjirdsda.jakarta.go.id.

Baca juga: Banjir Tiba, Awas Gangguan Gatal Jamur

Kedua, persiapkan tas siaga yang berisikan pakaian beserta kelengkapannya, makanan ringan yang tahan lama, air minum, kotak P3K dan obatan-obatan pribadi, alat bantu penerangan, uang, peluit, masker, perlengkapan mandi serta surat-surat penting lainnya. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila terjadi suatu bencana ataupun kondisi darurat lainnya.

Baca juga: Hai Warga Jakarta, Gunakan Aplikasi Ini untuk Ngecek Banjir

Ketiga, jika banjir sudah mendekati wilayah rumah kamu, sebaiknya cabut semua peralatan yang tersambung aliran listrik. Hall ini dilakukan agar tidak terjadi konsleting listrik ataupun kamu terkena aliran listrik.

Keempat, jangan mengemudikan kendaraan baik motor ataupun mobil kamu di wilayah yang terkena banjir. Dan jika kendaraan pribadi kamu terendam banjir, setelah surut jangan langsung kamu nyalakan ya, karena itu akan makin memperparah kerusakan kendaraan tersebut.

Terakhir, ketika kamu harus terpaksa mengungsi ikuti saran dari pemerintah setempat ataupun relawan yang membantu. Dan jangan lupa untuk menggunakan alas kaki untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply