- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Seni Mencatat Agar Mudah Diingat, Menurut Ahli

Young businesswoman working in the lobby of a modern business building, with copy space.

Topcareer.id – Mencatat jadi salah satu cara terbaik untuk mengingat sesuatu, seperti tugas, pelajaran, atau soal pekerjaan. Tetapi tidak semua catatan dibuat sama. Banyak penelitian dilakukan soal seni mencatat agar mudah diingat.

The Ladders mengumpulkan beberapa cara menurut ilmuwan agar catatan yang kamu buat itu menjadi lebih berharga dan mudah diingat.

1. Mencatat dengan tulisan tangan

Diterbitkan dalam sebuah makalah di Ilmu Psikologis, berjudul “The Pen Is Mightier Than the Keyboard: Advantages of Longhand Over Laptop Note-Taking” menemukan, pengguna laptop hampir dua kali mencatat dengan tulisan tangan, skor mereka secara signifikan lebih rendah di tes konseptual.

“Meskipun lebih banyak catatan bermanfaat, setidaknya sampai titik tertentu, jika catatan tersebut diambil hanya dengan menyalin konten tanpa berpikir, seperti yang lebih mungkin terjadi pada laptop, manfaatnya menghilang,” tulis laporan itu.

Baca juga: Waktu Terbaik Otak Bekerja, dari Kapan Belajar Sampai Minta Uang

2. Sertakan sebanyak mungkin detail

Psikolog pendidikan Kenneth Kiewra mengatakan kepada Inc bahwa, membuat catatan mendalam adalah kuncinya, detail. Dia mengatakan bahwa sebagian besar dari kita cukup terampil mencatat poin-poin utama dari kuliah atau presentasi. Tetapi mencatat lebih dalam dan detail dapat membantu kita mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang konten.

3. Gambar dan diagram yang jelas

Pembuatan catatan berbasis gambar dapat membantu menjadi pembelajar visual untuk mengingat catatan. Ketika tiba saatnya untuk mengikuti tes, misalnya, mungkin lebih mudah untuk mengingat gambar atau diagram di buku catatan daripada mengingat persis apa yang kita tuliskan dalam poin-poin.

Baca juga: Jenis Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Otak

4. Merevisi catatan sesering mungkin

Merevisi catatan sesering mungkin juga penting, menurut laporan Kiewra, Inc. Baca catatanmu, saran Kiewra, kemudian coba mengingat apa yang dikatakan. Tuliskan detail atau poin informasi atau ide tambahan apapun yang membuat catatanmu lebih mudah diingat.

“Kamu harus merevisi catatan sesegera mungkin setelah rapat atau lokakarya, atau bahkan selama acara jika ada jeda atau istirahat,” tulis penulis Inc. Minda Zetlin.

5. Gunakan aplikasi untuk membantu

Walaupun catatat dengan tulisan tangan membantumu mengingatnya, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat catatan. Ada aplikasi catatan yang lebih bisa membantu hari-harimu, misalnya aplikasi to do list yang mampu memeriksa secara otomatis untuktugas satu hari, misal.

Baca juga: Ingin Karier Sukses? Buang Kebiasaan Ini sebelum Umur 35

6. Rekam saat membuat catatan

Dengan cara ini, jika ingin menyelam lebih dalam dan membuat catatan yang lebih rinci, kamu akan selalu bisa mengunjungi kembali rekaman setelah presentasi atau rapat selesai. Dengan merekam informasi tersebut, kamu dapat fokus pada membuat catatan dengan tangan sambil beristirahat merevisinya.

7. Gunakan singkatan

Mungkin sulit untuk mengikuti catatan selama kuliah yang berlangsung cepat. Tetapi jika kamu menggunakan singkatan yang nantinya kamu pahami, kamu dapat mempercepat langkah.

“Begitu memutuskan format untuk membuat catatan, kamu mungkin juga ingin mengembangkan kamus singkatanmu sendiri,” kata John N. Gardner dan Betsy O. Barefoot di buku Step by Step to College and Career Success, dilaporkan ThoughtCo. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply