Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Januari 26, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Diblokir Telkomsel, Netflix Malah Digandeng Kemendikbud

Dok. Endgadget

Topcareer.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng perusahaan OTT atau layanan video streaming berbayar Netflix asal Amerika Serikat guna mendukung perfilman dan karya anak bangsa.

“Kami apresiasi Netflix yang memberikan dukungan terhadap pertumbuhan perfilman Indonesia. Kemitraan ini kita lakukan sebagai upaya mendukung dan menginternasionlakan produksi film anak bangsa.” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim dikutip dari Twitter Pusbangfilm Kemendikbud, Kamis (9/1/2020).

Baca juga: HRD Netflix Punya Pertanyaan Kunci Saat Wawancara, Apakah Itu?

Selain itu Nadiem mengatakan film merupakan media pendekatan yang efektif untuk menanamkan nilai Pancasila terhadap kaum milenial.

“Nantinya film bertemakan pancasila tujuannya untuk mendekatkan kembali nilai-nilai Pancasila dengan masyarakat terutama generasi milenial melalui film. Karena film merupakan media yang paling efektif untuk mengubah perspektif masyarakat” ungkapnya.

Tak tanggung-tanggung Netflix pun menyumbang dana sebesar USD 1 juta atau setara dengan Rp13,8 miliar untuk membiayai program-program kerja sama yang akan dilakukan Kemendikbud dan Netflix dalam waktu dekat.

Baca juga: Ini Maksud Menkominfo Blokir Situs Bajakan

Selain itu Netflix juga akan mengadakan workshop yang diadakan di Jakarta dan Hollywood mengenai proses pembuatan film mulai dari pengembangan ide cerita, penulisan naskah hingga film tersebut tayang.

Dalam kerjasama ini, Netflix juga akan mengadakan kompetisi film pendek, Online Safety Training Program serta Agile Governance workshop bersama World Economic Forum.

Kerjasama ini ditanggapi beragam oleh warganet. Kebanyakan mendukung kerja bareng Netflix dengan Kemendikbud. Namun, warganet juga menyarankan kerjasama Netflix dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) terutama terkait blokir provider selular milik pemerintah, Telkomsel yang hingga kini masih memblokir Netflix. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan