Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Stres di Masa Muda, Akibatkan Masalah Kesehatan di Masa Tua

Topcareer.id – Stres akibat pekerjaan yang dihadapi sekarang ternyata dapat mengakibatkan permasalahan kesehatan pada masa-masa ke depan dalam kehidupan kamu. Jadi, kalau kamu kerap stres di masa muda, di masa tua nanti kamu cenderung punya masalah kesehatan.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi yang dilakukan oleh University of Jyvaskyla di Finlandia. Kondisi mental terhadap stres akibat pekerjaan diketahui terkait erat dengan penurunan fungsi kesehatan saat memasuki usia lanjut.

Mikaela von Bonsdorff, seorang peneliti dari Universitas ini menjalankan riset berdasarkan lebih dari 5.000 pekerja berkebangsaan Finlandia. Ditemukan, mereka yang melaporkan kesulitan dan kendala mental maupun fisik terkait pekerjaan saat masih berada di usia muda, lebih sering masuk ke rumah sakit saat berusia lanjut.

Baca juga: Cuma Butuh 3 Menit Turunkan Stres dan Kecemasan di Kantor. Begini Caranya

Von Bonsdorff menyampaikan serta mengklarifikasi bahwa stres akibat pekerjaan memang merupakan hal yang wajar. Namun jika berlebihan, hal ini menjadi kondisi yang patut diperhatikan dengan seksama, demikain dilansir Reuters, belum lama ini.

“Ketika berbicara mengenai beban kerja, penting untuk mengingat bahwa sehari-hari perasaan ini tak selalu menjadi hal yang buruk, namun beban kerja yang sangat tinggi serta berkepanjangan telah diidentifikasi sebagai sebuah peringatan terhadap kesehatan,” jelasnya.

Tentu, ini menjadi pengingat yang baik bagi para pekerja keras yang selalu berhadapan dengan berbagai faktor stres setiap hari. Oleh sebab itu, perhatikan tingkat stres dan kesehatan diri sejak dini agar tak sampai menggerogoti kesehatan Anda di kemudian hari. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply