Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

7 Manfaat Travelling untuk Kesehatan Jiwa, Raga, dan Pikiran

Ilustrasi (dok. https://www.freepik.com/)

Topcareer.id – Kalau kamu tipe orang yang gemar berpergian mengeksplorasi tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi, hal ini ternyata dapat membawa dampak menyehatkan bagi kamu.

Walaupun memang mengeluarkan uang yang tak sedikit serta mengharuskan Anda memutar otak merencanakan segala persiapan, namun travelling diketahui menyimpan efek positif terhadap kesehatan jiwa, pikiran, dan jasmani.

Seperti dilansir Huffington Post, ada 7 manfaat travelling bagi seseorang, antara lain:

Meningkatkan kemampuan sosial
Saat travelling, Anda bertemu dengan begitu banyak orang baru. Ini menuntut kamu untuk dapat menyesuaikan diri dalam lingkup teman-teman baru. Dengan ini, kamu secara tidak langsung meningkatkan kemampuan bersosialisasi dengan orang lain.

Baca juga: 3 Tempat Penting untuk Diketahui saat Traveling ke Luar Negeri

Mengurangi stres
Tentunya salah satu alasan utama orang pergi berlibur adalah untuk menjauhkan diri dari hingar-bingar kesibukan dan tingkat stres yang mengancam. Dengan travelling, kamu dapat menemukan ketenangan, kebahagiaan serta menikmati keindahan lokasi wisata yang dituju. Travelling juga menjadi ajang penyegaran pikiran sehingga efektif menurunkan tingkat stres.

Mewujudkan tujuan
Banyak orang meletakkan kata “berlibur” serta berbagai kegiatan lainnya di dalam daftar kegiatan yang harus dilakukan setiap tahunnya. Dengan ini, travelling mampu merealisasikan beberapa keinginan yang sudah lama direncanakan. Mungkin bagi beberapa orang, hal ini dapat berupa pencapaian mendaki gunung tertinggi, berenang di lautan eksotis atau menikmati pasir putih di sebuah pantai di negara lain.

Menjaga kebugaran tubuh
Untuk berlibur, tentu kondisi fisik sebaiknya berada dalam kondisi prima. Dengan melakukan travelling, anda juga dapat sekaligus menjaga kebugaran tubuh. Hal ini berlaku terutama bagi wisata yang melibatkan aktifitas fisik seperti berenang, mendaki gunung, jalan kaki atau menyelam.

Baca juga: Tiga Mitos yang Sering Hantui Solo Traveler Perempuan

Membuat diri menjadi lebih fleksibel
Saat travelling, kamu perlahan belajar menjadi orang yang lebih menerima keadaan. Terkadang ada kalanya dimana kedatangan pesawat terlambat, barang bawaan hilang, cuaca tidak mendukung atau bertemu dengan orang yang kurang menyenangkan. Namun ini membuat kamu menjadi orang yang mengasah pikiran agar lebih terbuka serta memiliki pembawaan tenang dan menghadapinya kendala secara lebih fleksibel.

Menjadi lebih sabar
Saat travelling, kamu pasti akan sering berhadapan dengan berbagai hal yang mungkin tidak sesuai harapan, keinginan atau rencana kamu. Dengan ini, kesabaran kmau juga terlatih. Kamu dapat menemukan berbagai cara baru untuk mengatasi amarah, kekesalan dan sifat keras kepala melalui travelling.

Membina hubungan lebih baik
Jika kamu berpergian sendiri, ada kemungkinan besar kamu akan membina hubungan baru bersama orang baru yang kamu temui selama perjalanan. Baik itu sebagai teman, sahabat, saudara maupun menjadi kekasih baru. Bagi yang berpergian berpasangan, travelling juga mampu mempererat hubungan yang sudah dibina serta menjalin kedekatan yang lebih hangat.

Karena itu, jangan pernah takut untuk mulai travelling. Selain menyenangkan, juga bermanfaat bagi kesehatan. *

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply