- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cuma Butuh 3 Menit Turunkan Stres dan Kecemasan di Kantor. Begini Caranya

Ilustrasi. (dok. SD.pm)

Topcareer.id – Tanaman dalam ruangan bisa menjadi cara yang murah untuk mencerahkan dekorasi ruang kantor. Tak hanya itu, sebuah studi baru Jepang menunjukkan bahwa mereka juga dapat meningkatkan kesehatan mental di tempat kerja.

Orang-orang yang menyimpan tanaman kecil di meja mereka memiliki tingkat kecemasan dan stres yang lebih rendah pada akhir periode empat minggu.

Untuk studi ini, para peneliti menginstruksikan 63 peserta yang bekerja di meja kerja fulltime untuk beristirahat selama tiga menit ketika mereka merasa “lelah” dengan merawat, menyirami, dan memandangi sebuah meja. Tanaman yang paling populer dipilih adalah kokedamas dan sukulen Jepang.

Baca juga: Tanaman Ini Bisa Meningkatkan Produktivitas Kamu di Kantor

Selama empat minggu, para peserta mencatat denyut nadi mereka (indikator yang baik untuk respons stres tubuh Anda) sebelum dan sesudah melihat tanaman dan mengisi survei yang mengukur tingkat psikologis dan tingkat kecemasan mereka.

Sekitar 27% dari peserta mengalami penurunan yang signifikan dalam denyut nadi mereka pada akhir periode perawatan tanaman, dan sebagian besar skor kecemasan peserta juga menurun.

“Memiliki tanaman di meja menghadirkan gangguan yang sehat dan restoratif dari menguras tugas kantor,” menurut penulis penelitian, dalam laman CNBC.

Baca juga: Ini 5 Cara Menyelamatkan Bumi di Kantor

Selain hanya melihat tanaman hijau berdaun, para peneliti menulis bahwa mengembangkan kelekatan ringan pada tanaman menambahkan keterlibatan emosional yang ringan tapi bermakna yang mengintensifkan manfaatnya.

Para peneliti mencatat bahwa tanaman mati tidak memiliki efek yang sangat mendalam pada stres psikologis peserta. Dalam studi tersebut, tanaman hanya setinggi beberapa inci, dan Anda dapat membeli tanaman rumah hanya Rp15ribu.

Meskipun penelitian ini agak kecil, penelitian menjanjikan hal lainnya yang menunjukkan bahwa hanya menghabiskan waktu dengan alam memiliki efek positif pada ingatan orang, suasana hati, kreativitas dan produktivitas.

Sebuah studi tahun 2014, misalnya, menemukan bahwa menambahkan pabrik ke kantor dapat meningkatkan produktivitas pekerja sebesar 15%. Dan sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa berjalan di alam dapat membantu orang dengan gangguan depresi berat. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply