Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, July 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Gagal Diterima Kerja? Respons Ini Bisa Membalik Keadaan

Ilustrasi. (dok. BPO Diary)

Topcareer.id – Setelah selesai wawancara kerja, tugas berat berikutnya adalah menanti keputusan Perusahaan. Ada harapan besar untuk dapat diterima di perusahaan tersebut.

Tapi, bagaimana jika kabar yang kamu dapat justru sebuah penolakan. Rasa kecewa pasti akan membuat kita merasa malas untuk membalas email tersebut. “Toh sudah ditolak,” pikir kita.

Eiit, jangan lakukan itu! Sebaiknya kamu merespon semua kabar, termasuk penolakan dari sebuah perusahaan. Kamu tidak pernah tahu kapan kesempatan itu dapat dibuka kembali. Dan mungkin saja balasan kamu bisa mengubah hasilnya.

Baca juga: 30 Hari Mencari Kerja: Tips Agar Lekas Punya Penghasilan

Dilansir dari Businessinsider.sg, Senin (13/1/2020), setidaknya ada 2 hal yang harus kamu lakukan ketika mendapat pemberitahuan kalau kamu tidak lolos masuk ke suatu perusahaan.

Pertama, respon penolakan tersebut secara profesional. Katakanlah jika kamu memahami dan menghargai keputusan tersebut. Ungkapkan juga bahwa kamu senang telah mendapat kesempatan melamar di perusahaan tersebut. Terakhir, bubuhkan harapan untuk dapat bergabung dengan perusahan tersebut di kesempatan berikutnya.

Anggaplah terjadi keadaan tidak terduga yang mengharuskan perusahaan kembali membuka lowongan pada posisi tersebut. Nah, karena sebelumnya kamu koperatif dan terlihat profesional meskipun ditolak, ada kemungkinan bagi kamu untuk jadi kandidat utama dalam perekrutan tersebut.

Baca juga: Melamar Kerja ada Hari Baiknya, Kapan?

Kedua, kamu harus menjalin hubungan baik dengan bagian perekrutan. Respons penolakan tersebut dengan cepat dan percaya diri.

Dengan hubungan baik ini, bagian perekrutan kemungkinan akan menginformasikan kamu lebih dulu jika ada lowongan kerja. Itu pasti sangat membantu kamu ke depannya.

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply