- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, January 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Lari Maraton Membuat Arteri Semakin Sehat

Dok. Jorgbadura

Topcareer.id – Lari jadi salah satu olahraga kardio yang bertujuan menguatkan jantung. Lebih spesifik lagi, lari maraton untuk pertama kalinya dapat membantu menyehatkan arteri seseorang, bahkan pada tingkat intensitas yang relatif rendah.

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa pelatihan untuk menyelesaikan maraton dikaitkan dengan membalikkan pengerasan yang berkaitan dengan usia pada arteri utama tubuh, aorta, serta membantu mengurangi tekanan darah.

“Penelitian kami menunjukkan, sangat mungkin untuk membalikkan konsekuensi penuaan pada pembuluh darah kita dengan latihan di dunia nyata hanya dalam waktu enam bulan,” kata Dr. Charlotte Manisty, penulis senior dan ahli jantung studi di University College London dalam sebuah pernyataan di laman CNBC.

“Manfaat yang diamati pada individu sehat secara keseluruhan dalam rentang yang luas dan waktu maraton mereka, menunjukkan pelatihan olahraga yang dapat dicapai oleh peserta pemula.”

Baca juga: Warna Pakaian Gym Ternyata Punya Pengaruh Besar

Untuk penelitian ini, para peneliti melacak 138 pelari maraton yang baru pertama kali ikut, tidak terlatih, namun sehat selama periode enam bulan menjelang maraton London 2016 dan 2017, termasuk dua minggu pasca-maraton.

Masing-masing peserta tidak memiliki riwayat medis atau jantung yang signifikan di masa lalu, dan tidak berjalan lebih dari dua jam per minggu, Menurut laporan tersebut. Rata-rata peserta berusia 37 tahun dengan usia antara 21-69 tahun. 49% di antaranya adalah pria.

Hasilnya, pelatihan dan penyelesaian maraton dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan pengerasan aorta, yaitu ketika dinding arteri mulai pecah akibat stres.

Maraton pria yang lebih tua dan lebih lambat menunjukkan peningkatan yang paling besar. Para peneliti mencatat, walaupun mereka hanya merekrut peserta yang sehat untuk penelitian ini, mereka yang memiliki hipertensi dan arteri kaku mungkin memiliki respons kardiovaskular yang lebih besar untuk latihan olahraga.

Sementara pengerasan arteri adalah bagian normal dari penuaan. Hal itu membuat jantung lebih sulit memompa darah ke seluruh tubuh. Ini dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan ginjal, serta demensia, kata para peneliti.

Waktu lari rata-rata untuk maraton adalah 5 jam 40 menit untuk wanita, dan 4 jam 50 menit untuk pria.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply