- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, January 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Mau Wawancara Kerja? Jangan Gunakan Outfit Ini

Dok. Jobzella

Topcareer.id – Saat mendapat undangan wawancara kerja, tentu kamu akan membuat kesan sebaik mungkin. Memilih dan menggunakan pakaian beserta aksesoris terbaik yang kamu miliki, dengan harapan hal itu dapat memberikan poin plus yang dilihat perekrut.

Eitts, tunggu dulu. Dilansir dari Monster.com, Selasa (14/1/2020), ternyata ada beberapa hal yang tidak disarankan untuk kamu gunakan saat melakukan wawancara kerja lho. Beberapa hal ini dilarang karena dapat menggagalkan peluang kamu dalam wawancara:

Baca juga: Kata-kata yang Perlu Dihindari Saat Wawancara Kerja

1.Berpakaian kasual
Pakaian ini sebaiknya dihindari, bahkan jika wawancara kamu diadakan dalam suasana informal, itu bukan berarti kamu bisa berpakaian nyantai layaknya ingin bertemu teman. Banyak dari perekrut yang menganggap pakaian kasual mencerminkan bahwa kamu tidak sungguh-sungguh untuk bekerja.

Perekrut rela menggagalkan pelamarnya untuk bekerja di perusahaan tersebut hanya dari pakaian saja. Seorang perekrut, Melissa Coleman menyarankan untuk kamu melepas jaket atau aksesoris yang berlebihan ketika melakukan wawancara.

2. Pakaian yang terlalu besar atau terlalu kecil
Kamu mungkin mengira menggunakan pakaian yang terlalu besar ataupun terlalu kecil adalah sesuatu yang tidak akan menghambat kamu dalam wawancara. Pikiran itu salah, justru perekrut akan berpikir kamu ceroboh sehingga menggunakan pakaian yang tidak pas dengan badan kamu. Dan mungkin mereka tidak akan meloloskan kamu untuk ke tahap selanjutnya karena mereka merasa kamu juga akan ceroboh jika bekerja di perusahaan tersebut.

Baca juga: Cara Memenangkan Wawancara Kerja Via Telepon

3. Berpakaian yang tidak nyaman
Mungkin kamu mau menggunakan pakaian terbaik yang kamu miliki untuk mengesankan perekrut. Tapi jika pakaian tersebut tidak nyaman, jangan gunakan ya. Hal itu justru akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri kamu, lho. Pikirian kamu akan terganggu selama wawancara, karena pakaian yang tidak nyaman kamu kenakan. alhasil wawancara kamu bisa jadi kacau ‘kan?

4. Berbeda dari budaya perusahaan
Kamu akan langsung dicoret dari list tempat kamu melamar pekerjaan, jika kamu memakai pakaian yang berbeda dari budaya perusahaan alias salah kostum. Jadi penting sekali untuk kamu mencari informasi mengenai perusahaan tersebut, termasuk budaya pakaian dan kerja perusahaan tersebut sebelum melakukan wawancara diperusahaan tersebut.

Baca juga: Terlambat Datang ke Wawancara Kerja? Segera Lakukan Ini

5. Terlalu wangi
Tidak peduli seberapa bagus dan wangi aroma parfum kamu, mengenakannya terlalu berlebihan justru bisa menjadi bumerang. Apalagi jika indra penciuman perekrut kamu sangat sensitif, itu bisa merugikan kamu lho. Mungkin perekrut akan terburu-buru dan asal-asalan mewawancarai kamu karena ingin cepat-cepat terhindar dari wangi yang kamu timbulkan.

Pemilik perusahaan My Interview Buddy, Noelle Johnson menyarankan agar wawancara kamu sukses, sebaiknya pakailah parfum beraroma manis.

6. Aksesoris yang glamour dan mencolok
Memakai aksesoris yang glamour dan memiliki warna yang mencolok dapat merusak mata perekrut kamu lho. Apalagi jika aksesoris yang kamu pakai itu mengeluarkan bunyi, hal itu akan benar-benar mengganggu perekrut dan juga orang yanga da disekitar kamu. Jadi pakailah aksesoris sesimple mungkin.

Menurut manajer perekrutan, Zachary Vicker jika kamu memiliki tato ataupun tindikan, pastikan kedua hal itu tertutupi dengan pakaian yang kamu kenakan. Meskipun tidak adil, banyak perekrut yang menilai kamu berdasarkan tampilan yang dia lihat dan bukan berdasarkan kemampuan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply