- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, January 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Bos Ingin Karyawan Baru Katakan Ini di Hari Pertama Kerja

Ilustrasi. (dok. Deposit Photos)

Topcareer.id – Beragam perasaan seperti campur aduk saat hari pertama kerja. Senang, khawatir, bingung, excited, semua jadi satu.

Terlepas dari semua perasaan itu, jangan pernah lupa bahwa hari pertama kerja jadi waktu tepat untuk berbagi beberapa hal kepada bos baru.

Kamu mungkin ragu-ragu untuk berbicara kepada bos baru, tetapi meskipun menakutkan, mereka mungkin akan menghargainya. Business Insider mewawancarai 16 manajer untuk mencari tahu apa yang mereka harap perlu disampaikan karyawan baru pada hari pertama, berikut beberapa di antaranya.

Baca juga: Hal yang Membuat Karyawan Baru Gagal Lewati Masa Probation

1. Visi sukses perusahaan menurut karyawan baru

Karena definisi karyawan tentang “kesuksesan” dalam peran pekerjaan baru mereka mungkin berbeda dari bos mereka, itu membantu jika itu dibahas.

“Saya berharap bahwa pada hari pertama mereka, karyawan akan memberi saya visi mereka tentang bagaimana pandangan kesuksesan menurut mereka di posisi mereka sekarang dan di masa depan. Apakah itu bersama perusahaan saya atau tidak,” kata Russ Nauta, pemilik CreditCardReviews.com, kepada Business Insider.

Baca juga: Ini Hal yang Dibenci Pewawancara pada Calon Karyawan Baru

2. Apa yang ingin dipelajari dari bos

Siddhartha Gupta, CEO Mercer Mettl, sebuah perusahaan teknologi SDM, mengatakan kepada Business Insider melalui email bahwa akan baik ketika seorang karyawan baru melakukan pekerjaan rumah mereka tentang perusahaan, serta membaca profil LinkedIn sesama karyawan.

“Jadi, pada hari pertama mereka, saya akan sangat senang mendengar apa yang ingin mereka pelajari dari saya pada saat kami bekerja bersama,” ujar dia.

Bagi Gupta, itu berarti menggambarkan pendampingan karier apa yang harus diberikan kepada mereka, bagaimana membentuk karier dan pertumbuhan profesional mereka.

Baca juga: 5 Tanda Karyawan Kamu Tidak Bahagia

3. Apa yang memotivasi si karyawan baru

“Salah satu hal terpenting yang saya harapkan akan disampaikan oleh karyawan baru pada hari pertama mereka adalah, apa yang memotivasi mereka,” Jason Wirick, direktur kesuksesan klien di BizLibrary.

Penyampaian motivasi yang dia maksud adalah apa yang mereka sukai, apa yang membuat mereka tergerak. Menurut Wirick, hal ini membantu untuk saling terhubung dan menjadi landasan untuk membantu menjaga karyawan tetap termotivasi.

4. Mengajukan pertanyaan

“Pada hari pertama mereka, orang bisa malu atau gugup dan tidak ingin terlihat tidak kompeten. Semua orang tidak tahu apa-apa pada hari pertama,” kata Casey Hill, manajer pertumbuhan di Bonjoro.

Jason Yau, wakil presiden e-commerce dan manajer umum di CanvasPeople, juga berpikir seorang karyawan yang mengajukan pertanyaan pada hari pertama mereka merupakan hal penting.

Baca juga: Baru Jadi Manajer? Ini Tantangan dan Cara Menghadapinya

5. Bagaimana si karyawan baru ingin menerima umpan balik

Kristen Fowler, kepala praktik untuk Pencarian Strategis Clarke Caniff, mengatakan bahwa seorang karyawan yang menyatakan bagaimana mereka ingin menerima umpan balik sangat membantu bos mereka untuk mengetahuinya sejak hari pertama.

“Memahami bagaimana seorang individu menerima umpan balik, seperti jika mereka lebih suka pujian publik atau umpan balik langsung, membutuhkan waktu dan upaya dari kedua belah pihak,” katanya.

“Ini membantu mengurangi kurva pembelajaran dan memungkinkan kedua belah pihak untuk berjalan dengan cepat sambil mencegah kesalahpahaman.” *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply