Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

5 Tanda Karyawan Kamu Tidak Bahagia

Ilustrasi. (dok. Mitrefinch)

Topcareer.id – Sebagai seorang atasan kamu memiliki banyak tanggung jawab. Selain harus selalu datang dengan ide-ide baru dan memberi contoh sebagai pemimpin, kamu juga harus pandai memahami situasi dan mengetahui apakah anggota tim kamu bahagia atau tidak dalam bekerja.

Kamu mungkin tidak berpikir untuk membuat karyawan bahagia sebagai perhatian utama. Namun, kebahagiaan karyawan sebenarnya penting untuk keberlangsungan bisnis perusahaan maupun tim kamu pimpin.

Mengutip Entrepreneur.com, Rabu (08/01/2020), kamu perlu mengenali tanda karyawan yang menunjukkan tanda-tanda ketidakpuasan dalam bekerja agar kamu bisa segera mengatasi masalah ini.

Baca juga: Karyawan Tertidur? Stop, Bos Jangan Marah Dulu!

1.Karyawan hanya bekerja dengan batas minimum
Saat kamu melihat karyawan mulai memenuhi tugas pekerjaan hanya dengan batas minimum, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka tidak lagi peduli dengan pekerjaan mereka. Kamu harus segera mencari ahu apa yang salah dan secepatnya melakukan perbaikan untuk peningkatan kinerja.

2. Karyawan sering melihat jam
Tanda ketidakbahagiaan karyawan juga bisa dilihat dari kebiasaan sehari-harinya yang terlalu sering untuk memperhatikan jam. Ketika karyawan mulai terlalu sering menghitung menit mulai sekitar jam 3 sore, itu pertanda mereka tidak senang dengan pekerjaan mereka.

Baca juga: Cara Memberikan Feedback Berkualitas untuk Karyawan

3. Karyawan menutup diri
Jika karyawan mulai menutup diri, itu pertanda ada sesuatu yang salah. Idealnya, obrolan ringan dan humor adalah tanda bahwa semuanya berjalan lancar. tetapi jika sudah semakin kaku dan tertutup, kamu harus segera cari tahu ada masalah apa.

4. Kurangnya feedback dari karyawan
Karyawan yang terlibat dan bahagia dengan pekerjaan mereka, akan berusaha keras untuk membantu menghasilkan ide-ide baru dan mereka tidak takut untuk menerima atau bahkan memberi feedback. Jika mereka sudah enggan memberi feedback itu bisa jadi tanda mereka tidak bahagia.

5. Enggan bekerja sama
Jika kamu melihat seorang karyawan secara konsisten tidak senang atau tidak mau berkontribusi atas setiap tugas yang kamu berikan, bisa dianggap itu sebagai pertanda ketidakbahagiaan mereka.

Penting untuk memperhatikan baik-baik perubahan perilaku karyawan kamu di kantor. Setiap ada perubahan seperti poin yang disampaikan di atas, kamu harus segera mengambil tindakan untuk mengatasinya. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply