Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Empat Tanda Kamu Sedang Menjalin Hubungan dengan Psikopat

Adegan film Psycho (1960). (dok. IMDB)

Topcareer.id – Percayalah bahwa perilaku psikopat tidak menggambarkan konsisi medis yang sebenarnya. Namun, psikopat sering digunakan pada bahasa sehari-hari untuk menggambarkan seseorang dengan perilakunya yang menentang norma sosial.

Hal itu seperti yang dikatakan Kelly Scott, seorang terapis di Tribeca Therapy di Manhattan. Menurut Kelly kepada Business Insider, diagnosis terdekat yang mencerminkan representasi stereotip psikopat dalam budaya populer adalah gangguan kepribadian antisosial atau Antisocial Personality Disorder (ASPD).

Orang-orang dengan ASPD menunjukkan perilaku yang akan membuat hubungan tidak sehat, mereka sangat karismatik dan pandai memalsukan empati. Berikut adalah 4 indikator bahwa kamu mungkin berkencan dengan seorang psikopat , atau seseorang dengan ASPD, menurut Scott.

Baca juga: Perempuan yang Lelah Kerja Secara Mental Berisiko Diabetes Tipe 2

1. Mereka berbahaya bagi orang lain tanpa penyesalan, apakah itu secara finansial, emosional, atau fisik

Scott mengatakan, orang dengan ASPD lebih cenderung untuk menipu dan terlibat dalam kejahatan terorganisir karena mereka tidak peduli dengan kesedihan atau melukai orang.

Menurut Mayo Clinic, salah satu gejala utama ASPD adalah kurangnya rasa moralitas dan tidak memiliki masalah yang merugikan orang secara finansial, emosional, dan bahkan secara fisik jika itu berarti mereka mendapatkan sesuatu dari itu.

2. Mereka hanya bertindak untuk keuntungan pribadi

Menurut Scott, orang dengan ASPD bertindak semata-mata untuk keuntungan pribadi, yang dapat berarti mengeksploitasi orang-orang di sekitar mereka, bahkan jika mereka dianggap orang yang dicintai dan kekeluargaan.

Ini bisa berupa manipulasi, berbohong, mencuri, dan praktik berbahaya lainnya terhadap pasangan, menurut Mayo Clinic. Perilaku ini dapat berujung pada tingkat pelecehan dalam hubungan mereka.

Baca juga:

3. Mereka tidak memiliki empati

Psikopat hampir selalu digambarkan secara fisik melukai atau membunuh seseorang di media populer. Dan sementara orang-orang dengan ASPD bisa kejam dalam cara mereka menunjukkan kurangnya empati mereka, ini bukan aturan yang teguh. Terkadang, kurangnya empati bisa muncul dengan cara yang lebih halus, menurut Scott.

“Kamu tidak perlu membunuh seseorang untuk mendapatkan diagnosis itu. Kamu bisa melakukannya dengan cara non-fisik. Itu bisa muncul dalam mengasuh dan menggunakan anak untuk memenuhi kebutuhan sendiri dengan cara yang merugikan kebutuhan anakmu,” kata Scott.

4. Orang dengan ASPD jarang terdeteksi dan biasanya sangat menawan

Mungkin sangat sulit untuk mendeteksi gejala-gejala yang mendasari ASPD karena orang-orang dengan kondisi tersebut dapat sangat menawan, bahkan kadang-kadang bertindak jauh untuk memalsukan empati.

“Ciri khas ASPD adalah orang tidak tahu bahwa mereka berinteraksi dengan seseorang yang benar-benar berbahaya. Mereka menawan dan penuh perhatian dan tampak bijaksana.” *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply