Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tiru 6 Kebiasaan Orang Berprestasi di Tempat Kerja

Two cheerful young business people giving high-five while their colleagues looking at them and smiling

Topcareer.id – Mungkin berbagai cara sudah kamu lakukan untuk meraih hati bos agar tampak seperti orang-orang berpretasi. Kamu mungkin akan bertanya kebiasaan macam apa yang dimiliki orang berpretsasi di tempat kerja?

Kebiasaan-kebiasaan ini membuka jalan bagi karyawan untuk naik dalam karier mereka, menata mereka untuk masuk peran manajerial.

Berikut kebiasaan yang dapat kamu terapkan sekarang agar menonjol dari rata-rata karyawan, dalam laman Fairygodboss.

1. Tunjukkan ide-ide, bukan keramahanmu

Emily Howe, seorang ahli strategi dan pelatih gender untuk wanita yang ambisius, menginginkan wanita di tempat kerja berhenti melakukan office housework (pekerjaan penting dan perlu dilakukan, tetapi tidak secara langsung memajukan karier).

“Berusaha bersikap baik di tempat kerja tidak akan membuatmu mendapatkan promosi. Berikan sagasan yang kuat dan jelas, seperti mengambil alih inisiatif yang terkait langsung dengan tujuan bisnis,” kata Howe.

Baca juga: Begini Cara Jaga Kesehatan Mental agar Tidak Stres

2. Penuh rasa keingintahuan

Menurut Psikolog Organisasi Nora Abdoun, PhD, penasaran adalah kebiasaan yang menunjukkan minat dan motivasi. Ini juga merupakan pelopor inovasi, terutama di tempat kerja. Abdoun menyarankan untuk membiasakan diri bertanya pada saat atau setelah sedikit refleksi.

Keingintahuan, dan tindakan mengajukan pertanyaan, membantu menghubungkan proyek yang tampaknya tidak terhubung. Pun mampu bisa mengajukan ide dari sudut pandang lain.

3. Jadilah pemberi energi dan solusi

Shefali Raina, Pendiri Alpha Lane Partners, menemukan bahwa orang yang berprestasi tinggi memiliki kebiasaan memberikan energi kepada orang-orang dan proyek yang dikerjakan. Mereka juga memiliki pola pikir yang solutif.

“Ketika kamu bertanya kepada para pemimpin dan manajer siapa yang berkinerja terbaik, mereka akan menunjuk orang-orang di tim mereka yang memiliki pola pikir positif, mampu menyatukan orang di sekitar soal ide atau proyek, dan yang berkolaborasi dengan orang lain untuk mengambil tindakan dan menemukan solusi,” Raina mencatat.

Baca juga: Jangan Lari dari Tantangan! Hadapi demi Kesuksesan

4. Katakan ‘tidak’

Orang yang berprestasi tinggi menetapkan batas, menurut Laura Handrick, Analis Karier dan Tempat Kerja di Fit Small Business. Handrick menunjukkan bahwa rata-rata pekerja tidak membiasakan diri untuk mengatakan tidak. Sebaliknya, mereka mengambil segalanya. Beberapa pekerjaan kemudian dilakukan dengan buruk, dan karyawan tersebut akan mengeluh kepada orang lain tentang bagaimana mereka terlalu banyak bekerja.

Seorang berprestasi tinggi, di sisi lain, tidak melihat diri mereka sebagai korban persyaratan beban kerja. Mereka memanfaatkan kesempatan untuk mengelola.

5. Ikuti dan berikan hasil

Setiap karyawan adalah bagian dari tempat kerja untuk menyelesaikan pekerjaan. Abdoun mencatat bahwa orang-orang yang berprestasi di dunia kerja akan menindaklanjuti komitmen dan tujuan. Ini memungkinkan mereka untuk memberikan hasil yang berdampak.

6. Berpikir dua langkah di depan dalam berkarier

Howe menyarankan agar semua yang berprestasi tinggi (dan calon berprestasi) tahu pekerjaan apa yang mereka inginkan naik dua tingkat dari posisi mereka sekarang. Setelah kamu memiliki gambar itu dalam pikiran, mulailah mempersiapkannya dan mengambil proyek yang akan mengarah pada peran tersebut. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply